Tadi kita kebobolan setelah mereka mengganti seluruh pemain, itu hal yang saya sesalkan
Jakarta (ANTARA) - Persis Solo menjamu klub asal Samarinda, Borneo FC pada pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu, yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Meski rutin menggelar uji tanding setiap pekan, uji tanding kali ini menjadi yang perdana bagi Persis menghadapi sesama tim Liga 1 2022/2023 setelah kompetisi dihentikan sementara waktu.

"Very good game, tough opponent. Kita tahu Borneo FC berada di top of the table (Liga 1 2022/2023), tapi kita berhasil tidak didominasi oleh mereka dan itu yang paling penting," kata Pelatih sementara Persis Rasiman, melalui laman resmi klub, Sabtu.

Baca juga: Pasoepati dukung rencana Persis Solo dorong KLB PSSI

"Bahkan, kita bisa unggul terlebih dahulu, walaupun harus terbobol karena ada sedikit miss di defending free kicks. Namun kita punya confident untuk bisa menghadapi tim seperti apapun," ia melanjutkan.

Pertandingan berjalan dengan keunggulan Persis terlebih dahulu melalui gol Fernando Rodriguez pada menit ke-41, namun Pesut Etam menyamakan kedudukan pada menit ke-72 lewat Ahmad Nur.

Hingga paruh kedua pertandingan usai, skor tak kunjung berubah dan hasil imbang menjadi penutup laga tanding tersebut.

Rasiman mengakui bahwa latih tanding melawan Borneo FC itu, menjadi kesempatan untuk menguji kemampuan para pemain selama jeda kompetisi imbas Tragedi Kanjuruhan.

Menurut dia, para pemain Laskar Sambernyawa sudah menunjukkan permainan yang sangat baik selama latih tanding dan merasa cukup puas dengan hasil pertandingan tersebut.

Baca juga: Persebaya dan Persis sepakat surati PSSI

Rasiman menyebutkan catatan penting dalam latih tanding kali ini adalah taktik bertahan ketika menghadapi set pieces, serta tingkat konsentrasi pemain ketika berada di atas lapangan akan menjadi bahan evaluasi untuk ke depannya.

"Tadi kita kebobolan setelah mereka mengganti seluruh pemain, itu hal yang saya sesalkan. Artinya, ada persoalan konsentrasi dan defending set pieces. Tapi secara keseluruhan saya senang dengan hasil pertandingan ini," katanya.

Selain itu, Rasiman mengatakan, menghadapi lawan tangguh seperti Borneo FC juga memberikan kesempatan kepada beberapa pemain laskar Sambernyawa yang belum mendapatkan cukup jam tanding.

Ia akan memberikan secara rata kesempatan bermain agar seluruh pemain dapat menjaga kondisi fisiknya dengan baik.

"Selama libur kompetisi yang panjang ini, apalagi saat friendly match kita harus memberikan kesempatan kepada seluruh pemain yang kita punya. Melakukan latih tanding selama dua kali setiap pekannya tentu membuat kondisi fisik pemain menjadi oke," ujarnya.

Baca juga: Persis Solo jaga momen para pemain dengan uji tanding

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022