Jakarta (ANTARA) - Depok Kita UI bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mengajak masyarakat membantu sesama lewat aksi donor darah.

"Untuk mengampanyekan pentingnya donor darah, Depok Kita UI mengadakan kegiatan donor darah bersama PMI Kota Depok," kata Project Officer Depok Kita 2022, Shita Shahifa Iqlima, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Mahasiswa FMIPA UI tersebut menjelaskan, pelayanan transfusi darah merupakan salah satu aspek krusial dalam bidang kesehatan.

"Sebagai salah satu upaya dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan, layanan transfusi darah sangat membutuhkan ketersediaan darah atau komponen darah yang cukup, aman, mudah diakses dan terjangkau oleh masyarakat," katanya.

Untuk itulah, Depok Kita sebagai sebuah program Community Service atau pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang dinaungi oleh Departemen Sosial Masyarakat BEM UI 2022 bertujuan menggiatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya donor darah dan tentunya meningkatkan jumlah persediaan darah di Indonesia.

Shita Shahifa menambahkan bahwa kegiatan Donor Darah merupakan kegiatan mulia yang dimana setiap tetes darah yang dikeluarkan akan bermanfaat untuk banyak orang dan bisa membantu memberikan dampak positif.

"Ini sejalan dengan tagline Depok Kita yaitu 'memberi makna dimulai dari kita' makna ini sendiri adalah mengenai pentingnya memberikan manfaat dengan mendonorkan darah karena akan bermanfaat untuk banyak orang," katanya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan donor darah yang digagas oleh Depok Kita UI mendapatkan respons positif dari masyarakat.

"Banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, termasuk juga rekan-rekan dari IKM UI dan panitia Depok Kita yang turut serta mendonorkan darah. Kami berharap selain bermanfaat bagi masyarakat luas, kegiatan donor darah juga membawa manfaat bagi para pendonor," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan donor darah juga dapat mendeteksi penyakit serius, sebab untuk dapat mendonor, wajib memeriksakan kondisi darah guna mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria.

"Manfaat lainnya ialah menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah karena rutin mendonorkan darah mampu menurunkan tingkat kekentalan darah," katanya.

Salurkan Bansos

Sementara itu, Departemen Sosial dan Masyarakat BEM UI 2022 melalui kepanitiaan ‘Depok Kita 2022’ juga menyalurkan bansos untuk warga di Kampung Lio, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. 

Bantuan sosial yang dilakukan di Gedung Parkir Cahaya Bersaudara Depok ini diikuti oleh warga Kampung Lio mulai dari RT 01 s.d RT 09. Bantuan dibagikan sebanyak 270 Paket yang berisi beras, sarden, dan juga mie instan.

Kepanitiaan Depok Kita 2022 berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi warga yang terdampak pandemi. Selama kegiatan pembagian bansos, Depok Kita 2022 tetap menerapkan protokol kesehatan dan warga menyambut antusias kegiatan tersebut.
 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022