Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Cilandak membantu evakuasi korban kebakaran lapak pemulung di Jalan Pinang Kalijati RT 011/09 Kelurahan Pondok Labu, Jakarta Selatan, pada Minggu dinihari pukul 00.37 WIB.

"Kami berkoordinasi dengan Kecamatan Cilandak untuk mengevakuasi dan menyediakan tempat pengungsian yang dekat dengan TKP," kata Kapolsek Cilandak Kompol Multazam Lisendra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Multazam menambahkan, pihak Kepolisian bersama kecamatan serta petugas Palang Merah Indonesia (PMI) juga mendata kembali jumlah korban. Selain itu bersama relawan mempersiapkan dapur umum dan bantuan sosial.

Pihaknya memastikan tidak ada korban dan petugas telah menyisir kembali tempat kejadian perkara (TKP).

"Korban jiwa nihil, namun ada satu orang korban luka bakar pada bagian punggung, dan telapak kaki dan sedang dalam perawatan di RSUP Fatmawati," tuturnya.

Baca juga: 50 personel Gulkarmat Jaksel padamkan kebakaran di Kemendes PDTT
Baca juga: Dukcapil Jaksel cetak 129 dokumen warga terdampak kebakaran di Simprug

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan mengerahkan 17 unit dengan 75 personel untuk memadamkan api di kawasan tersebut.

Pemadam kebakaran tiba di lokasi pukul 00.35 WIB dan proses pendinginan selama satu jam, yakni 01.35 WIB.

Area yang terbakar seluas 1.000 meter persegi (m2) dengan jumlah jiwa terdampak 42 orang dan 16 kepala keluarga (KK). Adapun kerugian yang ditaksir dalam kebakaran ini sebesar Rp400 juta.

Dugaan penyebab kebakaran di kawasan Pondok Labu ini berasal arus pendek (korsleting) listrik dari salah satu rumah warga.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022