Solo (ANTARA) - Tim sepakbola Muhammadiah All Star melakukan pertandingan persahabatan dengan kesebelasan Pemerintah Kota Surakarta di Stadion Sriwedari Solo, Minggu, menjelang perhelatan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Laga persahabatan itu berakhir dengan skor 1-4 untuk keunggulan Tim Pemkot Surakarta. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, sebagai kapten Tim Pemkot berhasil menyumbangkan tiga gol ke gawang Tim Muhammadiyah. Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, yang juga menjabat Menko PMK, menjadi kapten Tim Muhammadiyah.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka merasa bangga mempunyai kesempatan bermain sepak bola dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MenkoPMK) Indonesia Muhadjir Effendy bersama keluarga besar Muhammadiyah.

"Kami berharap acara Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah 2022 di Solo berjalan dengan lancar dan terima masih Pak Menko, Solo sudah dipercaya menjadi tuan rumah semoga semua lancar," kata Gibran.

Menurut Gibran dalam pertandingan sepak bola bersama keluarga besar Muhammadiyah yang terpenting silaturahmi dengan olahraga bersama bukan kemenangannya.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy datang di Stadion Sriwedari Solo, untuk menyaksikan laga Final Liga Hizbul Wathan (HW) 2019 antara PS HW Bima Sena Yogyakarta melawan PS HW Babat Lamongan Jatim.

Namun, kata Muhadjir, sebelumnya digelar pertandingan persahabatan antara tim Muhammadiyah melawan Pemkot Surakarta.

Muhadjir mengaku gembira atas diselenggarakannya pertandingan persahabatan ini. Pertandingan ini, sebagai pemanasan dan penyegaran sebelum Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Selain itu, Muhadjir juga berharap Liga HW dapat memunculkan pesepakbola muda berbakat. Pembinaan sepakbola di sekolah-sekolah Muhammadiyah sudah dimulai sejak dini usia SD/MI hingga naik ke jenjang SMP/Mts dan SMK.

Menurut dia, jika nanti ditemukan pemain yang mempunyai talenta tinggi bisa dibina sejak dini. Hal ini, sejalan dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang juga sudah ada galasiswa untuk tingkat nasional usia SMP. Sehingga, nanti bisa ketemu proses pembibitan dari tingkat Muhammadiyah melalui PS HW.

Sementara itu, pertandingan Final Liga HW 2019 yang mempertemukan PS HW Bima Sena Yogyakarta melawan PS HW Babat Lamongan Jatim, berlangsung menarik. Namun, PS HW Babak Lamongan akhirnya menang atas PS Bima Sena Yogyakarta dengan skor 3-2.

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022