Bersiaga hingga pelaksanaan G20 untuk mempercepat proses pemindahan dan pengangkutan sampah yang telah dikumpulkan
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar bersama ratusan personel TNI membersihkan sampah di kawasan  Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove Ngurah Rai, Denpasar, untuk menyambut puncak pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia pada 15-16 November 2022.

"Setelah ini, kami berkoordinasi dengan kelompok nelayan, harapannya bisa turut bersama menjaga dan membantu anggota yang bertugas untuk menjaga kebersihan wilayah Tahura Mangrove," kata Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana di Denpasar, Minggu.

Selain melibatkan ratusan personel TNI dan personel dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Denpasar, kegiatan pembersihan sampah juga melibatkan jajaran Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida.

Pembersihan sampah dilakukan di area yang meliputi pintu masuk Tahura Mangrove hingga wilayah Estuari Dam Suwung, Denpasar.

Dalam kesempatan itu Alit Wiradana meninjau kegiatan pembersihan sampah bersama dengan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Baca juga: Luhut: TPA Suwung Bali berhenti tampung sampah mulai Januari 2023

Baca juga: Wali Kota Denpasar minta pelaksana proyek TPST bekerja optimal


Alit Wiradana didampingi oleh Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa juga mengatakan pemkot setempat akan menyiagakan truk pengangkut sampah untuk bersiaga di lokasi.

"Bersiaga hingga pelaksanaan G20 untuk mempercepat proses pemindahan dan pengangkutan sampah yang telah dikumpulkan," ujarnya.

Sementara itu Aster Kodam IX/Udayana Kolonel Inf Puji Hartono selaku koordinator kegiatan menyampaikan pihaknya mengerahkan sedikitnya empat perahu LCR, dan 10 kano untuk memungut sampah di area Estuari Dam Suwung secara manual dan dibantu satu kapal pembersih sampah.

"Mulai hari ini hingga pelaksanaan G20 nanti, kami menyiagakan anggota TNI AD untuk membantu di sini," ujarnya.

Menurut Puji Hartono, apabila terjadi hujan dan pintu air dibuka akan kembali lagi membawa sampah masuk ke wilayah Estuari Dam sehingga perlu pembersihan secara berkala.

Baca juga: Mendagri minta TPST Kertalangu kebut pengerjaan selama Oktober

Baca juga: Pemerintah Kota Denpasar pelajari pola pengelolaan sampah di Solo

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022