Jakarta (ANTARA) - Liverpool berhasil menekuk Tottenham Hotspur 2-1 dalam lanjutan pekan ke-15 Liga Premier Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, London yang berakhir pada Senin dini hari WIB.

Mohamed Salah menjadi pahlawan The Reds dalam pertandingan ini setelah memborong dua gol. Tottenham hanya mampu membalas lewat gol Harry Kane.

Berdasarkan klasemen Liga Premier Inggris, tambahan tiga poin membuat Liverpool naik ke urutan delapan dengan 19 poin dari 13 laga. Sedangkan Tottenham turun ke posisi empat dengan 26 poin dari 14 pertandingan.

Baca juga: Manchester United takluk 1-3 di kandang Aston Villa

Liverpool memberi ancaman lebih dulu pada menit ke-3, tetapi tembakan jarak dekat Darwin Nunez berhasil dibendung kiper Tottenham, Hugo Lloris.

The Reds baru membuka keunggulan pada menit ke-11. Umpan silang Andy Robertson dari sisi kiri berhasil diterima Nunez di kotak penalti lawan. Bukannya menembak, Nunez justru mengirim bola kepada Mohamed Salah yang juga berada posisi bebas di kotak penalti.

Tembakan kaki kiri Salah ke sudut kanan bawah gawang gagal diantisipasi Lloris. Liverpool memimpin 1-0.

Baca juga: Gabriel Magalhaes antar Arsenal menangi Derbi London kontra Chelsea

Tertinggal satu gol membuat tuan rumah bermain agresif. Sundulan Ivan Perisic pada menit ke-15 nyaris berbuah gol andai tidak membentur tiang.

Tidak lama kemudian, Pierre-Emile Hojbjerg juga mendapat peluang untuk Tottenham. Namun, sepakannya berhasil diblok kiper Liverpool, Alisson.

Pada menit ke-22, Trent Alexander-Arnold menjatuhkan Ryan Sessegnon di kotak penalti Liverpool. Para pemain Tottenham meminta penalti, tetapi wasit Andrew Madley menilai bukan sebuah pelanggaran.

Liverpool bisa menambah keunggulan pada menit ke-40. Eric Dier melakukan kesalahan saat berupaya membuang bola umpan lambung dari Alisson, tetapi sundulannya malah mengarah ke Salah. Penyerang Mesir itu menggiring bola ke kotak penalti kemudian mencetak gol kedua.

Skor 2-0 untuk Liverpool bertahan hingga jeda.

Baca juga: Haaland bangga dengan perjuangan 10 pemain Man City

Pada babak kedua, Tottenham langsung tampil menekan. Ada peluang lewat Harry Kane dalam situasi sepak pojok pada menit ke-48, tetapi sundulannya masih mengarah tepat ke kiper Liverpool.

Semenit berselang Tottenham nyaris mencetak gol, andai saja tembakan Perisic tidak membentur mistar gawang.

Liverpool membalas dan Salah hampir mencetak hat-trick usai menerima umpan matang dari Nunez di kotak penalti Tottenham pada menit ke-54, tetapi tembakan jarak dekatnya berhasil diamankan Lloris.

Pelatih Antonio Conte memasukkan Dejan Kulusevski pada menit ke-68. Dua menit berselang, pergantian itu membuahkan hasil setelah Kulusevski menjadi arsitek dari gol Harry Kane.

Kulusevski memberikan umpan terobosan kepada Kane yang berada di kotak penalti. Meski dikawal ketat, penyerang Inggris itu berhasil melepaskan tembakan yang tidak mampu dihentikan oleh Alisson. Skor menjadi 1-2.

Gol tersebut sempat menambah semangat para pemain Tottenham untuk menyamakan kedudukan. Sejumlah peluang tercipta, tetapi tidak ada yang membuahkan hasil.

Skor 2-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Baca juga: Ben Chilwell dipastikan absen pada Piala Dunia 2022 karena cedera

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022