merupakan platform penting bagi pertukaran dan kerja sama di industri perfilman dan televisi antara kedua negara
Los Angeles (ANTARA) - Festival Film China-Amerika dan Festival Televisi China-Amerika Ke-18 dibuka di Los Angeles pada Jumat (4/11) malam waktu setempat.

Ratusan selebritas dan tamu asal China dan Hollywood yang mengenakan gaun dan tuksedo elegan berkumpul di Sheraton Los Angeles San Gabriel untuk menghadiri acara budaya tersebut.

Acara tersebut bertujuan untuk mempromosikan pertukaran dan kerja sama di industri perfilman dan televisi China dan Amerika Serikat (AS).

Lebih dari 400 karya film dan televisi diputar di dua festival tersebut. Total 10 film meraih penghargaan Golden Angel Award pada ajang tersebut tahun ini, termasuk film "My Country, My Parents", "Nice View", "Schemes in Antiques", "Sunshine of My Life" dan "Between Us".

Festival itu menganugerahkan penghargaan Film AS Terpopuler di China kepada film laga fiksi ilmiah "Jurassic World Dominion" dan film komedi animasi "The Bad Guys" besutan Universal Pictures, film epos fiksi ilmiah "Dune" produksi Legendary Pictures, dan film fantasi "Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore" rilisan Warner Bros. Pictures.

Dalam upacara pembukaan festival tersebut, Konsul Jenderal China di Los Angeles Zhang Ping menyampaikan bahwa acara itu merupakan platform penting bagi pertukaran dan kerja sama di industri perfilman dan televisi antara kedua negara.

Sementara dalam pidatonya di upacara pembukaan festival itu, Anggota Kongres AS Judy Chu memuji pihak penyelenggara acara yang "luar biasa," yang menunjukkan kekuatan film dan budaya.

Dewan Pengawas Los Angeles County pada Selasa (1/11) pekan lalu dengan suara bulat menyetujui sebuah mosi yang menyatakan bulan November sebagai Bulan Festival Film China-Amerika dan Festival Televisi China-Amerika di county berpenduduk terbanyak di AS tersebut.

Diluncurkan pada 2005 oleh EDI Media Inc., ajang tahunan itu biasanya digelar setiap bulan November di Los Angeles.


Oleh Julia Pierrepont III


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022