Jakarta (ANTARA) - Dailybox dan Positive Vibes membuat kampanye untuk menormalisasi diskusi seputar kesehatan mental yang akan diadakan pada 12 November 2022, mulai pukul 13.00, di Multifunction Hall Gedung Sarinah Thamrin.

Baca juga: Dokter jiwa ajak hindari lingkungan toksik demi kesehatan mental

Selama kampanye berlangsung, pengunjung dan para pelanggan Dailybox dapat mengikuti tes gratis untuk mengetahui seberapa sehatkah dirinya secara mental.

Selain tes kesehatan mental, kampanye "Selalu Ada Rasa di Setiap Kata" akan diisi dengan pameran instalasi seni, konseling kejiwaan gratis, lokakarya dan diskusi yang akan dipandu oleh psikolog ternama dan public figure, antara lain advokat kesehatan mental Jerren Lim dan psikiater Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ.

Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami depresi. Sistem Registrasi Sampel yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan di tahun 2016, diperoleh data bunuh diri per tahun sebanyak 1.800 orang. Artinya, setiap hari ada 5 orang melakukan bunuh diri. 47,7 persen korban bunuh diri berusia 10-39 tahun – rentang usia anak remaja dan usia produktif.

“Berkat edukasi yang berkelanjutan dan banyaknya influencer yang menggaungkan, remaja zaman sekarang jadi lebih aktif mengulik dan menganalisa kesehatan mentalnya. Sayangnya, inisiatif ini kadang berujung pada self-diagnosis. Masih ada rasa tabu untuk membicarakan gangguan mental yang dirasakan ke ahlinya. Padahal, diagnosa wajib ditegakkan oleh ahlinya karena sembarangan self-diagnosis dapat mencetuskan keputusan yang keliru,” kata psikolog dan pakar kesehatan mental Hoshael Waluyo Erlan, yang bekerja sama dengan Positive Vibes, dikutip dari siaran resmi, Senin.

Hal inilah yang mendorong Dailybox dan Positive Vibes untuk berkolaborasi membuka ruang diskusi kesehatan mental dengan pakar ahli.

Head of Brand Marketing, Dailybox Group Helen Anggakusuma mengatakan topik kesehatan mental di Indonesia menjadi hal yang serius untuk ditanggulangi.

"Pelanggan Dailybox juga dapat mengikuti tes kesehatan mental dan bagi mereka yang beruntung, akan mendapatkan konsultasi gratis dengan psikolog di acara #SelaluAdaRasadiSetiapKata,” ungkap Helen.

Konsumen yang membeli satu porsi Dailybox pada 1-11 November 2022 akan mendapatkan voucher untuk mengikuti tes kesehatan mental secara cuma-cuma. Tiga orang beruntung akan dapat memenangkan konsultasi gratis dengan psikolog.


Baca juga: Lima kiat jaga kesehatan mental untuk wanita usia 20-an

Baca juga: Gejala depresi saat bekerja tak selalu terlihat, segera cari bantuan

Baca juga: Waspada saat anak lebih pasif, paparan internet bisa jadi penyebabnya

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022