Jakarta (ANTARA) - Aryna Sabalenka mengatasi petenis peringkat satu dunia Iga Swiatek 6-2, 2-6, 6-1 pada Minggu waktu setempat (Senin WIB) untuk bertemu dengan Caroline Garcia pada penentuan gelar turnamen tutup musim WTA Finals.

Seperti dilansir AFP, Senin, petenis peringkat tujuh dunia Sabalenka membalaskan kekalahan tiga set dari petenis Polandia Swiatek pada semifinal US Open, tempat Swiatek meraih gelar Grand Slam keduanya tahun ini setelah kemenangannya di Roland Garros.

Peringkat enam dunia Garcia dari Prancis mengalahkan petenis Yunani Maria Sakkari 6-3, 6-2 pada semifinal lainnya.

Baca juga: Swiatek bertekad tutup tahun ini dengan gelar WTA Finals
Baca juga: Petenis remaja kalahkan Djokovic untuk rebut gelar Paris Masters 2022


Sabalenka, yang menyebut lolosnya dia ke event tersebut sebagai "keajaiban" setelah kesulitan pada pertengahan musim, melontarkan 23 winner, termasuk selusin ace, dengan hanya 19 kesalahan sendiri.

Swiatek, yang musimnya luar biasa termasuk meraih delapan gelar tunggal, terhenti kemenangan 15 pertandingan beruntunnya atas pemain 10 peringkat teratas.

Ia menghasilkan 26 winner dan 26 unforced error karena forehand-nya yang biasanya menakutkan kali ini tidak seperti biasanya.

Swiatek dipatahkan hanya sekali ketika ia memenangi ketiga pertandingan round-robinnya, tetapi dipatahkan tiga kali pada set pembuka, Minggu, saat Sabalenka mengambil alih.

Namun Swiatek tampaknya telah mengatur ulang, berlomba untuk memimpin 4-0 pada set kedua sebelum Sabalenka berhasil menangkis break point untuk menahan 4-1. Meskipun Sabalenka mematahkan servis untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 4-2, Swiatek merebut kembali break dan dengan cepat melakukan servis untuk menutup set tersebut dengan masing-masing satu set.

Baca juga: Alcaraz absen di ATP Finals dan Piala Davis karena cedera

Seperti dalam pertandingan US Open mereka, Sabalenka melakukan break di awal set ketiga.

Namun kali ini, dia mampu membuat keunggulannya bangkit, mematahkan lagi untuk memimpin 5-1 dan menutupnya dengan gaya yang mengesankan dengan satu ace dan service winner.

Pada Senin, Sabalenka dan Garcia akan memperbarui rekor pertemuan mereka yang membuat mereka membagi empat pertemuan menjadi imbang 2-2.

Garcia, yang telah meningkatkan peringkatnya dengan tiga gelar musim ini, bermain keras melawan Sakkari, menutup kemenangan dalam 75 menit.

Baca juga: Swiatek tumbangkan Sabalenka untuk menuju final US Open

Ia memperoleh break yang menentukan pada set pertama untuk memimpin 4-2 dan menutup set dengan tidak memberi angka lawan, kemudian memimpin 4-0 pada set kedua.

Kesalahan ganda pertama Garcia dalam pertandingan itu memberi Sakkari break point pada gim keenam, tetapi Garcia merespons dengan ace dan memimpin 5-1 dengan pukulan backhand yang menyentuh garis samping.

Sakkari menahan untuk memaksa Garcia melakukan servis, dan dia memolesnya pada match point keduanya ketika Sakkari mengirim servis kembali ke net.

Garcia, yang hanya bisa berlutut untuk mengatur napasnya setelah kemenangan tiga set yang mendebarkan atas Daria Kasatkina pada Sabtu untuk merebut tempat di semifinal, memiliki banyak energi untuk melakukan selebrasi lompat dan lompat di lapangan di Dickies Arena di Fort Worth.

WTA Finals dipindahkan ke Texas karena berlanjutnya masalah terkait pandemi di Shenzhen China, yang awalnya akan menjadi tuan rumah, serta perselisihan WTA dengan China atas status pemain Peng Shuai.

Baca juga: Ganda Jepang juarai pekan kedua ITF M25 Jakarta
Baca juga: Petenis Taiwan juarai pekan kedua ITF M25 Jakarta

 

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022