Ini suatu pencapaian yang patut diapresiasi, apalagi terakhir kali Sumsel masuk 10 besar itu pada 2006
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan beserta kalangan BUMN/BUMD dan swasta mengapresiasi para juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX dengan memberikan hadiah umrah dan uang pembinaan.

Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Senin, mengatakan apresiasi ini diberikan karena para qori/qoriah yang mampu mengharumkan nama daerah dengan membawa Sumsel berada di peringkat 8 dari sebelumnya peringkat 26.

“Ini suatu pencapaian yang patut diapresiasi, apalagi terakhir kali Sumsel masuk 10 besar itu pada 2006,” kata dia.

Menurutnya, keberhasilan ini tak lepas dari persiapan matang yang dilakukan Tim MTQ Sumsel dengan menjalankan pemusatan latihan daerah. Selama proses itu, sejumlah kalangan membantu mulai dari BUMD/BUMN hingga perusahaan swasta.

"Mengapa Sumsel kali ini berhasil di MTQ, karena sudah muncul kepedulian dari berbagai pihak untuk mencetak generasi islami. Ini penting untuk kemajuan daerah di masa datang,” kata dia.

Adapun penerima bantuan uang pembinaan dan hadiah umrah itu terdiri atas 10 qori/qoriah dari berbagai kategori lomba, yakni Abqoriyyin Hisan, Ahmad Azka Annabil, M Fadlul Amal, Ahmad Zain Ardillah, Kms Abdurrahman Huzaifi.

Baca juga: Tim putra-putri Sumsel masuk final hifzil 10 juz MTQN ke-29 Kalsel

Baca juga: Pemprov Sumsel tunda MTQ, antisipasi corona


Kemudian, Chairun Min Alfi Syahrin, Rufaidah, Muhammad Husen, Sabiq Bil Khairat, Lia Dwi Utami.

Abqoriyyin Hisan yang menjadi satu-satunya qori wakil Sumsel yang menjadi juara I pada nomor Lomba Karya Tulis Ilmu Quran diberikan hadiah umroh, uang pembinaan dan beasiswa S1 dan S2.

Terkait mencetak generasi islami, Pemprov Sumsel memiliki program 3.000 Rumah Tahfiz yang mana dari sisi jumlah sudah tercapai.

Selain itu, Sumsel juga mendorong kemandirian ekonomi dari kalangan pesantren bekerja sama dengan kalangan perbankan.

Baca juga: Sumbar siapkan pusat pemberitaan MTQ Nasional Korpri ke-VI

Sementara itu, Bank Pembangunan Daerah PT Bank Sumsel Babel mengapresiasi para juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang telah mengharumkan nama daerah saat ajang itu digelar di Kalimantan Selatan belum lama ini dengan memberikan uang pembinaan senilai total Rp100 juta.

Direktur Utama PT Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengatakan Bank Sumsel Babel sebagai BUMD mengapresiasi capaian ini karena untuk kali pertama setelah tahun 2006, Sumsel masuk peringkat delapan besar.

“Kami mengapresiasi para anak-anak muda terbaik Sumsel ini karena mampu bersaing di kancah nasional dan mengharumkan nama daerah,” kata Syamsudin yang turut disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Sedari persiapan tim mengikuti MTQ tingkat nasional ini, BSB sudah berperan aktif dengan memberikan dana bantuan senilai Rp240 juta.

Tim MTQ Sumsel dapat berlatih optimal dalam menjalani pemusatan latihan sehingga mampu menuai prestasi pada ajang bergengsi ini.

Bagi Bank Sumsel, dukungan kepada qori dan qoriah ini sebagai wujud kepedulian terhadap pembentukan SDM unggul di daerah.

Baca juga: Pemprov Sumbar luncurkan aplikasi khusus dukung MTQ Nasional VI Korpri

Baca juga: Qari Indonesia juara pertama MTQ Internasional di Kuwait

Baca juga: Baznas beri apresiasi Rp310 juta bagi para pemenang MTQ Nasional



 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022