Singaraja, Buleleng (ANTARA) - Universitas Indonesia membantu memperkuat sistem informasi di wilayah Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, guna meningkatkan digitalisasi hingga wilayah pedesaan di Pulau Dewata.

"Kami apresiasi dukungan dari UI dengan wujud nyata telah memberikan pelatihan dan pendampingan, selain itu juga memberikan bantuan unit komputer," kata Kepala Desa Patas, I Kadek Sara Adnyana, S,Pd, di Singaraja, Buleleng, Senin.

Ia mengatakan dukungan tersebut sebagai salah satu upaya nyata mendukung penguatan infrastruktur dan infografik sistem informasi desa dengan 18 tujuan pengembangan berkelanjutan (SDG) desa pada 2022.

Apalagi, Desa Patas merupakan salah satu desa di Bali yang berlokasi di wilayah pelosok dan memerlukan dukungan dalam upaya meningkatkan digitalisasi di era modern saat ini.

Baca juga: Vokasi UI kembangkan desa wisata di Bali berkonsep ekonomi sirkular

Baca juga: UI dampingi warga Desa Komodo selenggarakan 'Komodo Culture Festival'


Bukan hanya itu saja, dukungan dalam wujud pengabdian pada masyarakat itu juga diharapkan dalam terus berkelanjutan dilakukan dalam kurun waktu mendatang sebagai upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Kami mewakili masyarakat sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini dengan hadirnya teman-teman dari Universitas Indonesia di Desa Patas, semoga kegiatan ini berkelanjutan demi membangun desa menuju transformasi digital," harapnya.

Selain itu, dukungan perangkat keras ini menunjang operasional sistem informasi desa dalam rangka mengukur keluaran Sustainable Development Goals (SDG) Desa Patas.

Dalam kegiatan tersebut hadir para akademisi dari UI yakni Dr. Aswin Hadisumarto dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama Dr. Agi Ginanjar dari Fakultas Ilmu Budaya. Keduanya berkolaborasi dengan mitra pengabdian masyarakat di Desa Patas.

Baca juga: UI luncurkan program pengabdian masyarakat di berbagai daerah

Baca juga: UI dorong kolaborasi semua pihak tingkatkan kesejahteraan masyarakat

 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/IMBA Purnomo
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022