Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengerahkan sebanyak 120 personel untuk mengawal pembukaan ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional VI Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) di Istana Gubernuran Sumbar, Padang, Senin malam..

"Untuk mengamankan pembukaan MTQ Nasional Korpri malam ini kami mengerahkan 120 personel, gabungan dari Polresta dan Kepolisian Sektor," kata Kepala Bagian Operasional Polresta Padang Kompol Deni Ahmad Hamdani, di Padang, Senin.

Baca juga: Baznas beri apresiasi Rp310 juta bagi para pemenang MTQ Nasional

Ia mengatakan personel akan disebar di lokasi kegiatan untuk memastikan event berskala nasional itu berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami fokus mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran acara, atau keamanan para peserta atau ofisial kontingen," jelasnya.

Pembukaan MTQ Nasional VI Korpri sesuai jadwal akan dilakukan pada Senin (7/11) sekitar pukul 19.00 WIB di Istana Gubernuran Sumbar, di Jalan Jenderal Sudirman, Padang.

Ajang itu rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri HM Tito Karnavian mewakili Wakil Presiden RI.

Selain memastikan keamanan dan kelancaran acara, pihak Polresta Padang juga membagi fokus terhadap kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi.

Menurutnya arus lalu lintas bisa saja direkayasa jika sewaktu-waktu terjadi penumpukan arus yang menyebabkan kemacetan.

"Sifatnya situasional, jika nanti diperlukan maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus oleh personel Satuan Lalu Lintas," jelasnya.

Pada bagian lain, perhelatan MTQ Nasional Korpri akan diikuti oleh seribuan peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia, 49 Kementerian atau lembaga yang terdiri dari sembilan cabang yang akan dilaksanakan di delapan venue.

Delapan venue tersebut adalah di Masjid Al Hakim, Masjid Raya Sumbar, Aula Kantor Gubernur, Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Aula UIN Imam Bonjol Padang, SMA Negeri 1 Padang, Aula Dinas Kebudayaan dan Laboratorium Komputer BKD Provinsi. 

Baca juga: Sumbar siapkan pusat pemberitaan MTQ Nasional Korpri ke-VI
Baca juga: Sutarmidji apresiasi kemeraiahan MTQ Kalbar di Ketapang
Baca juga: Pemprov Sumsel apresiasi juara MTQ dengan hadiah umrah-uang pembinaan

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022