Jakarta (ANTARA) - Dewa United Surabaya meraih kemenangan kedua di IBL Indonesia Cup 2022 seusai membekap Satya Wacana Salatiga dalam laga terakhir hari keempat IBL Indonesia Cup 2022, Senin.

Bertanding di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, anak Dewa menang dengan skor 70-57 dari Satya Wacana untuk mengamankan kemenangan kedua di Grup A.

"Saya pikir kami memulai pertandingan hari ini dengan kurang baik. Kami bermain bagus saat defense, tapi offense kami tidak konsisten," kata Coach Maxi, seperti disiarkan laman resmi Dewa United.

"Tapi akhirnya kami mampu memperbaiki situasi dan bermain baik sampai akhir pertandingan. Kemenangan ini tentunya sangat penting," imbuhnya.

Tambahan dua poin hasil dari kemenangan itu membuat Dewa United Surabaya masih kokoh menjadi pemuncak klasemen Grup A.

Dewa United saat ini telah mengantongi empat poin, setelah pada pertandingan pertama menang atas Elang Pacific Caesar.

Jamarr Andre Johnson menjadi bintang pada laga melawan Satya Wacana usai mengemas double-double 15 poin dan 10 rebound. Disusul Dio Tirta Saputra dengan 15 poin dan dua rebound.

Melawan Satya Wacana, Dewa United Surabaya tampil dengan starting-five Jason Christhoufer, Ferdian Dwi Purwoko, Xaverius Prawiro, Jamarr, dan Leonardo Effendy.

Anak Dewa sempat tertinggal 0-3 di awal kuarter pertama. Situasi itu membuat pelatih Maximiliano Enrique melakukan perubahan. Kaleb Ramot Gemilang, Dio Tirta Saputra, hingga Kevin Moses Poetiray dimasukkan untuk mengubah jalannya pertandingan.

Namun, Satya Wacana masih tetap unggul 13-10 dari Dewa United hingga kuarter pertama berakhir.

Memasuki kuarter kedua, Anak Dewa mulai mengejar ketinggalan menjadi 15-12 usai Katon Adjie Baskoro menyumbang poin. Dewa United sempat tertinggal 12-21 dari Satya Wacana, namun kembali dikejar menjadi 16-21 di lima menit tersisa kuarter kedua lewat poin dari Jamarr.

Dua free throw Dio Tirta pun kembali membuat Dewa United menipiskan ketinggalan menjadi 20-23 di tiga menit tersisa kuarter kedua. Anak Dewa akhirnya bangkit dan mampu mengungguli Satya Wacana dengan skor 29-28 dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki kuarter ketiga, Dewa United Surabaya melanjutkan keunggulan dengan skor 33-31 dari Satya Wacana.

Pertandingan sempat kembali berjalan sengit, setelah Satya Wacana dua kali menyamakan skor Dewa United menjadi 38-38 dan 41-41. Namun, Jamarr dan kawan-kawan akhirnya kembali memimpin dan menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 47-43 dari Satya Wacana.

Dua poin Ferdian menandai keunggulan Dewa United atas Satya Wacana di awal kuarter keempat dengan skor 51-45. Tembakan three point Jason pun membuat Dewa United memperlebar keunggulan menjadi 56-51 di pertengahan kuarter keempat.

Dewa United semakin mendapatkan momentum kemenangan dari Satya Wacana di sisa satu menit kuarter keempat, usai unggul 11 poin dengan skor 68-57. Dominasi Dewa United Surabaya pun berlanjut hingga akhir pertandingan, dan menutup kemenangan dengan skor 70-57 dari Satya Wacana.

Selanjutnya, Dewa United Surabaya akan melakoni laga terakhir Grup A melawan NSH Mountain Gold pada Rabu.

"Persiapan buat next game menurut saya kita banyak missed, jadi ke depannya kita ingin memperbaiki," ujar Dio Tirta.


Baca juga: NSH dan Amartha Hangtuah jaga asa di hari keempat IBL Indonesia Cup
Baca juga: Pelita Jaya dan Prawira raih kemenangan di laga kedua Indonesia Cup
Baca juga: Satria Muda dan Satya Wacana petik hasil positif di Indonesia Cup 2022

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022