Jakarta (ANTARA) - Empat rekor tercipta dalam Kompetisi atletik pelajar "Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022" kualifikasi Jawa Timur yang pada Minggu tuntas digelar di Lapangan Atletik THOR Surabaya.

Berdasarkan data yang dihimpun di Jakarta, Selasa, rekor yang tercipta tersebut semuanya dari nomor lari untuk persaingan tingkat pelajar SMA/sederajat.

Dari nomor bergengsi lari 100 meter putri, Dihanis Arsita dari SMAN 4 Malang berhasil mencatatkan waktu tercepat 12,92 detik. Sebelumnya, rekor catatan waktu tercepat nomor 100 meter putri dipegang oleh Ni Kadek Budiarsini dari SMAN 1 Bangli yang tampil pada Bali-Nusa Tenggara kualifikasi Mataram pada 2 Oktober lalu dengan waktu 13,09 detik.

Pecah rekor juga terjadi pada nomor 1.000 meter putri yang dicapai oleh Siti Frisda dari MAN 5 Bojonegoro dengan catatan waktu 3 menit 16,87 detik. Siti Frisda berhasil mempertajam rekor pada nomor ini yang sebelumnya dipegang oleh Gusti Kadek Widiyartini dari SMAN 4 Singaraja dengan catatan waktu 3 menit 31,13 detik.

Songo, julukan SMAN 9 Surabaya, ternyata tak hanya memiliki potensi prestasi mentereng di bola basket. Skuad estafetnya juga cukup berpotensi hingga memecahkan rekor estafet 4X100 meter putri. Dengan catatan waktu 56,03 detik. Rekor terbaik sebelumnya dipegang oleh SMAN 1 Pundong yang tampil pada kualifikasi Yogyakarta dengan catatan waktu 58,31 detik.

Tak hanya pada persaingan putri yang berhasil mempertajam rekor. Pemecahan rekor juga estafet 4x100 meter putra. Kontingen SMAN 1 Glagah Banyuwangi berhasil mencatatkan rekor dengan catatan waktu 45,91 detik. Rekor lama dipegang oleh SMAN 1 Poto Tano dari Sumbawa Barat dengan mengantongi waktu 47,99 detik.

Para pelajar pemecah rekor yang berstatus juara dari kualifikasi Jawa Timur East termasuk yang naik podium sebagai runner-up untuk tingkat SMA, berhak mewakili Jatim tampil pada National Championship di Jakarta, pada 9-11 Desember untuk bersaing dengan pelajar pemenang dari berbagai qualifiers lainnya. Nantinya, pemenang tingkat nasional akan diberangkatkan ke Australia untuk mengikuti pemusatan latihan di fasilitas sports science ternama di Negeri Kanguru itu.

Terciptanya rekor baru yang terjadi pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Timur direspon positif oleh Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Jawa Timur (Jatim) Dra. Vitri Rahmawati, M.Si.Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa pelajar di Jatim memiliki potensi luar biasa dan tak kalah dengan provinsi lainnya.

"Sangat luar biasa. Seru sekali finalnya. Saya juga memberi apresiasi luar biasa kepada para orang tua, guru dan anak-anak semua yang membaur dalam kegiatan ini,” terang Vitri.

Energen Champion SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Timur digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 4-6 November. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti 4.076 pelajar mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA yang datang dari 373 sekolah se Jawa Timur.

Kualifikasi wilayah Jawa Timur ini adalah penyelenggaraan kelima dari total sembilan kualifikasi. Berikutnya kualifikasi Sumatera Utara di Medan (11-13 November), kualifikasi Jawa Barat di Bandung (25-27 November), kualifikasi DKI Jakarta dan Banten di Jakarta (18-20 November), serta kualifikasi Jawa Tengah di Semarang (25-27 November).


Baca juga: SAC Indonesia kualifikasi Jawa Timur tembus 4.076 peserta
Baca juga: 128 atlet pelajar SAC Indonesia lolos ke National Championship Jakarta
Baca juga: Pemecahan rekor warnai SAC Indonesia kualifikasi Kalimantan

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022