Gagasan bahwa mungkin pada 2023, kita akan melihat pembukaan kembali secara bertahap di China berarti bahwa prospek pertumbuhan di China akan meningkat secara signifikan, dengan latar belakang di mana sebagian besar memperkirakan ekonomi AS akan mula
Singapura (ANTARA) - Dolar tertahan oleh penguatan yuan dan mata uang lainnya yang sensitif terhadap pertumbuhan China di sesi Asia pada Selasa pagi, karena pasar berpegang teguh pada harapan bahwa pendekatan toleransi nol restriktif China terhadap COVID-19 pada akhirnya akan mereda.

Yuan mengalami hari terbaiknya dalam dua tahun pada Jumat (4/11) dan berhasil menahan sebagian besar kenaikannya melalui Senin (7/11) yang bergejolak. Yuan menguat pada 7,2200 per dolar dalam perdagangan internasional pada Selasa pagi.

Euro, terkait melalui ekspor Jerman ke ekonomi China, mendapatkan kembali keseimbangan terhadap dolar semalam dan melayang di 1,0026 dolar. Dolar Selandia Baru naik 0,2 persen menyentuh level tertinggi tujuh minggu di 0,5951 dolar AS di awal perdagangan Asia.

Pemilih AS pergi ke tempat pemungutan suara dalam pemilihan paruh waktu di kemudian hari, dengan Partai Republik difavoritkan meraih kemenangan dan akibatnya kemacetan di Kongres. Hasil konklusif bisa memakan waktu berhari-hari, tetapi tidak mungkin untuk menggerakkan pasar mata uang jika memenuhi harapan.

Kebijakan virus ketat China mencakup penguncian, karantina, dan pengujian ketat, dan para pejabat mengatakan selama akhir pekan langkah-langkah itu "sepenuhnya benar" dan akan tetap ada. Tetapi penyesuaian tambahan sudah cukup untuk menjaga harapan para pedagang tetap hidup.

"Di mana ada asap, akhirnya ada api, jadi pasar menilai optimisme yang meningkat, meskipun saat ini semuanya didasarkan pada harapan," kata Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di National Australia Bank di Sydney.

"Ini sangat CNY (yuan China) dan mendukung pertumbuhan," katanya.

"Gagasan bahwa mungkin pada 2023, kita akan melihat pembukaan kembali secara bertahap di China berarti bahwa prospek pertumbuhan di China akan meningkat secara signifikan, dengan latar belakang di mana sebagian besar memperkirakan ekonomi AS akan mulai melambat."

Dolar Australia yang sensitif terhadap pertumbuhan naik dua sesi berturut-turut dan terakhir dibeli 0,6486 dolar, dalam kisaran rata-rata pergerakan 50 hari di 0,6516 dolar.

Won Korea Selatan naik 1,0 persen.

Yen Jepang mencapai level tertinggi satu minggu di 146,35 per dolar. Cadangan mata uang asing Jepang mencatat penurunan bulanan tertajam kedua dalam catatan pada Oktober karena pihak berwenang menghabiskan 6,35 triliun yen guna intervensi mendukung yen.

Pembuat kebijakan bank sentral Jepang memperdebatkan perlunya mewaspadai efek samping dari pelonggaran moneter yang berkepanjangan dan dampak potensial dari keluarnya dari suku bunga ultra-rendah di masa depan, ringkasan pendapat pada pertemuan kebijakan Oktober mereka menunjukkan pada Selasa.

Sterling menahan kenaikan tajam semalam karena lelang yang mengecewakan sedikit mengangkat imbal hasil obligasi pemerintah. Mata uang Inggris terakhir di 1,1531 dolar, meskipun para pedagang waspada untuk mengejarnya terlalu tinggi menjelang pembaruan fiskal yang diharapkan pada 17 November.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022