Sumbar memiliki sangat banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Juga tersedia kuliner yang luar biasa serta budaya yang unik. Semua kafilah MTQ Nasionall Korpri VI dari seluruh Indonesia bisa menikmati ini selama di "Ranah Minang",
Padang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) Mahyeldi mempromosikan pariwisata daerah itu kepada kafilah MTQ Nasional Korpri VI yang berasal dari 34 provinsi dan 49 kementerian/lembaga.

"Sumbar memiliki sangat banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Juga tersedia kuliner yang luar biasa serta budaya yang unik. Semua kafilah MTQ Nasionall Korpri VI dari seluruh Indonesia bisa menikmati ini selama di 'Ranah Minang'," katanya di Padang, Selasa.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Korps Pegawai Negeri Indoneia (Korpri) tingkat nasional tahun 2022, resmi dibuka di Kota Padang, Sumbar. Kegiatan berskala nasional itu dibuka secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian di Kompleks Gubernuran Sumbar, Senin (7/11/2022) malam

Gubernur mengatakan sektor pariwisata Sumbar terus berbenah untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Mulai dari pelayanan hingga kebersihan destinasi.

Menurutnya dua hal itu, pelayanan dan kebersihan, merupakan hal yang mutlak diperlukan untuk pengembangan pariwisata. Dengan adanya dua hal tersebut pengunjung bisa menikmati wisata dengan rasa aman dan nyaman.

Beberapa hal yang menjadi perhatian adalah pungutan liar serta kebersihan toilet di destinasi wisata. Dua hal itu bisa membuat citra buruk terhadap pariwisata sehingga pemerintah bersama pemangku kepentingan lain terus mengingatkan agar dibenahi.

Mahyeldi menyebut promosi itu sekaligus untuk mengajak kafilah agar kembali datang ke Sumbar pada 2023 yang telah dicanangkan sebagai tahun pariwisata yang dikemas dalam program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023.

"Mudah-mudahan kedatangan kali ini akan menjadi awal untuk kedatangan selanjutnya. Kita telah mencanangkan VBWS 2023 dengan banyak paket wisata yang menarik," katanya.

Ia juga berharap agar semua yang baik-baik selama kafilah di Sumbar bisa disampaikan di media sosial agar semakin banyak yang kenal dengan potensi wisata Sumbar.

"Kalau ada yang kurang, sampaikan kepada kami untuk menjadi bahan evaluasi, kata Mahyeldi.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyiapkan VBWS 2023.

"Paket wisata yang murah dan menarik akan kita luncurkan pada akhir tahun sebagai salah satu referensi bagi wisatawan untuk berkunjung ke Sumbar pada 2023," katanya.


Baca juga: Karavan MTQ Korpri Sulbar mempererat silaturrahmi

Baca juga: Sumatera Barat siapkan delapan venue MTQ Nasional Korpri untuk VI

Baca juga: Korpri MTQ Nasional 2024 akan melibatkan PT dan kabupaten/kota

Baca juga: Sumatera Barat siapkan news center MTQ Nasional Korpri VI

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022