Kemenag Kota Bitung juga memberi masukan kepada tim peneliti untuk mempertimbangkan hasil Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama yang dilakukan Balitbang Kemenag RI sebagai pembanding
Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) bersinergi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dalam meningkatkan indeks kerukunan beragama di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Untuk meningkatkan hal tersebut, kami melakukan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka pembahasan pembuatan Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Kota Bitung Tahun 2022," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Bitung, H Yahya W Pasiak, saat dihubungi dari Manado, Selasa.

Ia mengatakan Kemenag memberikan apresiasi kepada Bappeda Kota Bitung atas rencana pembuatan Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama itu. Kemenag Kota Bitung juga memberi masukan kepada tim peneliti untuk mempertimbangkan hasil Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama yang dilakukan Balitbang Kemenag RI sebagai pembanding serta juga dapat menjalin koordinasi dengan Kemenag Bitung dalam penyusunan kuisioner yang sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, kata Yahya W Pasiak, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menyusun strategi kebijakan Pemerintah Kota Bitung.

Kepala Bappeda Kota Bitung Sifri Mandak mengatakan terkait latar belakang penyelenggaraan Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama, yakni terkait implementasi dari Misi Kota Bitung untuk mewujudkan Kota Bitung yang hidup rukun, harmonis, aman, nyaman dan damai dalam perbedaan.

Dia mengatakan Kemenag Kota Bitung juga turut dilibatkan dalam kegiatan ini selaku pihak yang berkaitan langsung dengan keberadaan umat beragama.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Kerangka Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Kota Bitung yang disajikan oleh Dr Hendra Tawas selaku tim peneliti.

Turut hadir pula dalam diskusi ini, pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Bitung, perwakilan dari Badan Kesbangpol Kota Bitung, serta jajaran dari Bappeda Kota Bitung.

Baca juga: Melalui zakat, Baznas mendukung program pengentasan kemiskinan di Bitung

Baca juga: Siswa madrasah Bitung diajak berkompetisi dengan gembira

Baca juga: Bitung Masuk Daerah Percontohan Minapolitan

Baca juga: Usai libur Lebaran, ASN Kota Bitung diingatkan untuk meningkatkan etos kerja


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022