Program sanitasi adalah hal yang penting untuk dijaga dalam mewujudkan kesehatan masyarakat di Tanah Papua
Biak, Papua (ANTARA) - Chief of Wash United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) Indonesia Kannan Nadar mengajak media massa di Provinsi Papua untuk memperbanyak edukasi dan advokasi tentang pentingnya sanitasi kepada semua elemen warga di "Bumi Cenderawasih" itu.

"Program sanitasi adalah hal yang penting untuk dijaga dalam mewujudkan kesehatan masyarakat di Tanah Papua, " katanya kepada ANTARA di Biak, Selasa.

Pada Senin (7/11), Kannan Nadar berkunjung ke Biak dalam rangka menghadiri deklarasi STBM 105 kampung dan eliminasi malaria Biak Numfor pada Tahun 2024.

Ia menyebutkan peran media massa ikut menggencarkan edukasi sanitasi sangat penting guna menyebarluaskan tentang penyehatan masyarakat di Tanah Papua.

Apalagi, kata dia, dengan berbagai kebijakan strategis pemerintah di bidang kesehatan, pendidikan dan pemenuhan hak anak-anak dapat diedukasi melalui publikasi tulisan atau foto.

Dengan gencarnya media memberikan edukasi lewat tulisan tentang sanitasi, menurut dia, diharapkan warga dapat menerima informasi yang benar sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan keseharian.

"UNICEF yang merupakan bagian dari PBB yang bergerak di bidang pemenuhan hak anak berupaya memberikan hal teknis dan pendampingan termasuk kepada Pemkab Biak Numfor, " katanya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada kalangan media massa yang sudah ikut peduli mengedukasi warga Tanah Papua tentang pentingnya menjaga sanitasi di setiap rumah tangga masyarakat.

"Kami memberikan apresiasi para jurnalis yang sangat peduli mendukung program sanitasi untuk masyarakat di Tanah Papua khususnya dari Kabupaten Biak Numfor," demikian Kannan Nadar.

Baca juga: UNICEF Papua mendorong pemerintah daerah untuk memperhatikan fasilitas sanitasi di sekolah

Baca juga: UNICEF: Sanitasi yang buruk merugikan Indonesia sebesar Rp56 triliun

Baca juga: Menerapkan lima pilar sanitasi di Biak menuju masyarakat yang sehat  

Baca juga: Unicef ​​meninjau implementasi sanitasi berbasis masyarakat di Sumbawa Barat

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022