Misalnya dalam menyikapi keputusan Pemerintah Arab Saudi yang sering sekali berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajaran pimpinan baru Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) periode 2022-2027 untuk memperkuat koordinasi dengan Kementerian Agama.

"Kalau memungkinkan, supaya antara Kementerian Agama dan BPKH semakin erat, tolong dibikin semacam tim penghubung seperti yang sudah Kementerian Agama lakukan bersama DPR Komisi VIII," ujar Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Yaqut mengatakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 tahun 2014, Kementerian Agama dan BPKH adalah dua institusi yang tidak bisa dipisahkan dalam melakukan pelayanan terhadap jamaah haji.

Dengan demikian, kata Menag, pembentukan tim penghubung perlu diupayakan agar dinamika komunikasi antara BPKH dan Kemenag bisa lebih cepat dan progresif dalam merespons situasi yang terus berubah.

"Misalnya dalam menyikapi keputusan Pemerintah Arab Saudi yang sering sekali berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi dalam pelayanan jamaah haji. Hal ini tentu harus direspons cepat tidak hanya oleh Kementerian Agama, tetapi juga BPKH," kata dia.

Baca juga: Fadlul Imansyah terpilih menjadi Plt Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) periode 2022-2027

Baca juga: Dewan Pengawas BPKH berupaya memastikan dana haji dikelola secara baik


Sementara itu, Plt. Kepala BPKH Fadlul Imansyah mengatakan salah satu rencana program 100 hari pertama Anggota Badan Pelaksana BPKH, yaitu harmonisasi hubungan antarlembaga dengan seluruh pemangku kebijakan.

"Jadi ke depannya sampai dengan akhir tahun ini kami akan melakukan silaturahmi dengan seluruh kementerian terkait, yang paling utama adalah Kementerian Agama, lalu Kementerian Keuangan," kata dia.

Menurut dia, harmonisasi hubungan antarlembaga dapat membuat BPKH bekerja secara efektif dan efisien untuk ke depannya.

"Menurut kami ini sangat penting bagi BPKH untuk dapat menjalankan tugas ke depannya supaya lebih efektif dan efisien," kata dia.

Baca juga: BPKH akan cari formula baru yang fair untuk biaya haji

Baca juga: Presiden lantik anggota Dewas dan Badan Pelaksana BPKH 2022-2027


Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022