sebagai bentuk antisipasi infeksi virus pneumococcus, virus penyebab radang paru (pneumonia) pada anak
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mencatat sebanyak 357 bayi usia dua bulan telah menerima Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) dalam program pemberian vaksin pneumonia gratis tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan pada tahapan awal vaksin PCV introduksi ini pihaknya menargetkan sebanyak 7.646 bayi usia dua bulan untuk menerima vaksin hingga akhir tahun 2022.

"PCV ini adalah vaksin rutin untuk bayi dan saat ini masih berlanjut. Target kita 90 persen sampai akhir 2022. Untuk bayi usia dua bulan sebanyak 7.646 bayi yang divaksin PCV. Dan sudah ada 4,67 persen yang telah divaksin," kata Didi saat dihubungi di Batam, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini pemberian vaksin PCV diprioritaskan kepada bayi usia dua bulan sebagai bentuk antisipasi infeksi virus pneumococcus, virus penyebab radang paru (pneumonia) pada anak.

"Karena usia bayi dua bulan masih sangat rentan maka pemberian vaksin diutamakan kepada bayi yang usia dua bulan dulu, atau bayi yang lahir per 13 Juni 2022," ujar dia.

Baca juga: Pemprov Kepri terima 10 ribu dosis vaksin PCV untuk bayi

Baca juga: Pemkot Batam sasar 33.983 bayi dapat vaksin PCV


Didi menambahkan pemberian imunisasi PCV dapat melalui posyandu, puskesmas dan layanan kesehatan pemerintah dan swasta.

"Pemberian vaksin PCV ini sudah berjalan sejak 3 Oktober lalu. Jadi nanti bagi yang sudah menerima vaksin PCV pertama ini akan ada lanjutan-nya lagi, akan ada vaksin yang kedua hingga ketiga sebagai booster pada saat bayi sudah usia 12 bulan," kata Didi.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menerima 10 ribu dosis PCV untuk bayi di wilayah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Mohammad Bisri mengatakan pemberian vaksin PCV sudah dilaksanakan sejak tanggal 1 Oktober 2022 di semua fasilitas kesehatan yang ada di kabupaten/kota.

"Pemberian vaksin sudah dimulai sejak tanggal 1 Oktober kemarin. Tidak ada acara simbolisnya, jadi langsung saja di setiap fasilitas kesehatan yang ada. Tahap awal ini kita mendapatkan 10 ribu dosis," kata Bisri.

Dengan begitu pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kepri untuk segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat dan mendaftarkan bayinya agar mendapatkan vaksin PCV tersebut.

"Saat ini kita fokus untuk memanfaatkan vaksin yang sudah ada. Jika vaksinnya sudah habis, cepat juga capaiannya. Barulah kita ajukan penambahan," ujar Bisri.

Baca juga: BMKG imbau warga pesisir Kepri waspada banjir rob dampak gerhana bulan

Baca juga: Gubernur Kepri ajak masyarakat shalat khusuf saat momen gerhana bulan

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022