Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) merenovasi lapangan basket bekas sekolah pemain tim nasional Indonesia Derrick Michael di SMPN 74, Jakarta Timur.

Renovasi dilakukan dalam rangka HUT ke-71 PP Perbasi yang diperingati pada 23 Oktober.

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih mengatakan SMPN 74 di Rawamangun, Jakarta Timur, dipilih untuk direnovasi karena sekolah tersebut berperan dalam melahirkan pebasket muda Derrick Michael.

Derrick bisa dibilang pebasket muda yang cukup dibanggakan dan tengah naik daun saat ini karena prestasinya.

Setelah mengikuti program NBA Global Academy di Australia, pebasket berusia 19 tahun itu kini menjadi pemain pertama Indonesia yang bermain dalam kejuaraan bola basket elite Amerika Serikat, NCAA Divisi I, yang merupakan kasta tertinggi kompetisi tim basket perguruan tinggi AS.

“Yang pasti kami berpikir seorang atlet tidak mungkin lahir tanpa ada pembinaan di level akar rumput (grassroot) sehingga pada HUT kali ini Perbasi kembali ke bawah untuk melakukan renovasi lapangan basket,” kata Danny saat peresmian lapangan basket SMPN 74 Jakarta, Selasa.

Baca juga: Atlet nasional berpeluang bela Laos di Liga Basket Putri ASEAN

“Kami memilih sekolah ini karena Derrick adalah pemain yang lahir dari sekolah ini dan menjadi pemain basket pertama Indonesia yang bermain di NCAA. Semoga Derrick ini bisa menjadi contoh bagi anak-anak muda lainnya,” ujar dia.

Sekretaris Jenderal Perbasi Nirmala Dewi menambahkan bahwa HUT ke-71 ini merupakan momentum pertama untuk merenovasi lapangan basket di sekolah-sekolah. Perbasi menargetkan perbaikan yang sama terhadap sekolah-sekolah lain tahun depan.

“Sekarang hanya satu yang direnovasi. Kami saat ini sedang menyusun karena itu masuk program untuk Januari tahun depan,” ujar Nimala.

Kepala Sekolah SMPN 74 Jakarta Timur Enny Mulyani cukup terbantu dengan renovasi oleh Perbasi apalagi sebelumnya kondisi lapangan sudah rusak dan membutuhkan perbaikan agar bisa nyaman digunakan siswa.

“Luar biasa karena Perbasi mau memperbaiki lapangan kami yang kemarin kondisinya sudah mulai rusak termasuk ring basketnya. Dengan adanya perbaikan dari Perbasi saya mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan lapangan ini bisa bermanfaat bagi anak-anak kami,” kata Enny.

Baca juga: Perbasi: Liga Basket Putri ASEAN ajang cetak prestasi baru bagi atlet

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022