Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Bakrie Jakarta menjadi pemuncak klasemen Grup C usai mengalahkan Bima Perkasa Jogja pada babak penyisihan hari kelima IBL Indonesia Cup 2022 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Sama-sama belum pernah kalah dalam dua pertandingan sebelumnya, kemenangan Pelita Jaya 77-54 membuat Bima Perkasa menjadi runner-up grup. Meski begitu, tim Jogja tersebut tetap dapat melaju ke playoff.

Mengutip laman IBL, kepala pelatih Pelita Jaya Djordje Jovicic kali ini memasukkan M. Hardian Wicaksono sebagai starter. Sementara empat pemain lain sama seperti pertandingan sebelumnya, yaitu M. Arighi, Hendrick Xavi Yonga, Vincent Kosasih, dan kapten tim Andakara Prastawa Dhyaksa.

Sementara itu, dari tim Bima Perkasa, tidak ada perubahan starter. Pelatih kepala Efri Meldi tetap menurunkan Samuel Devin Susanto, Restu Dwi Purnomo, Ikram Fadhil, Indra Muhammad, dan kapten tim Ali Mustofa.

Bima Perkasa tampaknya kaget dengan serangan cepat anak-anak Pelita Jaya. Mereka tidak mencetak angka dalam dua setengah menit sehingga membuat Pelita Jaya memimpin 9-0.

Kebuntuan Bima Perkasa dipecahkan oleh Ikram Fadhil melalui tembakan tiga poin. Namun, Bima Perkasa masih kesulitan mencetak poin hingga kuarter pertama ditutup.

Sebaliknya, Pelita Jaya terus melaju. Mereka bahkan sempat memimpin 15 angka (20-5), tetapi margin tersebut bisa diturunkan oleh Bima Perkasa di akhir kuarter pertama.

Skor 22-10 tercipta saat buzzer kuarter pertama berbunyi, dengan Pelita Jaya benar-benar mendominasi pada kuarter pertama.

Baca juga: Bali United menang tipis atas RANS pada hari kelima Indonesia Cup 2022

Pada kuarter kedua, Bima Perkasa masih sulit mengembangkan permainan. Sebaliknya konsistensi Pelita Jaya dalam menyerang dan bertahan membuat mereka bisa mencetak poin lebih dari 20 angka dalam kuarter kedua.

Semua starter Pelita Jaya berkontribusi poin. M. Arighi dan Prastawa masing-masing menyumbang delapan angka. Kemudian, M. Hardian Wicaksono mencetak tujuh angka, dan Vincent Kosasih menambahkan enam angka, disusul Hendrick Xavi Yonga dengan sumbangan empat angka.

Pelita Jaya semakin di atas angin ketika menutup kuarter kedua dengan skor 43-23.

Permainan Pelita Jaya tetap stabil pada kuarter ketiga. Sebaliknya, Bima Perkasa masih bermasalah dengan pertahanan. Hasilnya, Pelita Jaya mencetak 24 angka untuk membuat margin melebar jadi 30 angka pada akhir kuarter ketiga.

Dengan hasil ini, maka Pelita Jaya membuat rekor margin terlebar selama babak penyisihan IBL Indonesia Cup 2022.

Dengan margin selebar itu menjadi "perkerjaan rumah" yang sulit bagi Bima Perkasa di kuarter empat.

Bima Perkasa yang telah memperkuat pertahanan tidak mampu mengatasi serangan Pelita Jaya meski telah memperkecil margin 23 angka pada kuarter keempat.

Pelita Jaya berhasil memperkasai Bima Perkasa dengan 77-54, sekaligus menjadi juara Grup C yang juga dihuni oleh Bali United Basketball dan RANS PIK Basketball, yang menjadi juru kunci grup.

Baca juga: Perbasi renovasi lapangan basket bekas sekolah Derrick Michael

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022