Makassar (ANTARA) - Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI ke Panti Sosial Sentra Wirajaya Makassar, Sulawesi Selatan untuk mengecek bantuan sosial yang disalurkan Kementerian Sosial dan mitra ke daerah itu.

"Kunjungan ini pertama untuk mengetahui data terkini profil Sentra Wirajaya Makassar dan dukungan bantuan dan anggaran yang disalurkan ke Sentra Wirajaya dan masyarakat penerima manfaat," kata Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Khafi di Makassar, Selasa.

Melalui kegiatan reses ini, katanya, dapat mengetahui perbandingan bantuan dalam dua tahun terakhir, yakni 2021 dan 2022, termasuk mengetahui kendala dan usulan pihak balai sosial atau masyarakat.

Menurut dia, Kementerian Sosial dan jajarannya di daerah banyak memberikan bantuan sebagai wujud bahwa negara peduli dan hadir di tengah masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, ia menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para penerima manfaat dari tiga sentra di Sulawesi Selatan.

Ketiga sentra tersebut adalah Wirajaya Makassar dengan total bantuan Rp672 juta untuk 286 penerima manfaat, Sentra Gau Mabaji Gowa dengan total bantuan Rp191 juta untuk 92 penerima manfaat, dan Sentra Pangurangi Takalar dengan total bantuan Rp621 juta untuk 357 penerima manfaat.

Salah seorang penerima manfaat yang juga warga Kelurahan Sabintang, Kabupaten Takalar Abdul Rahim (69) bersyukur menerima motor kontainer yang akan ia gunakan untuk membuka usaha.

“Bantuan ini akan saya pakai untuk usaha yang (nantinya, red.) cocok dari dari modal kecil-kecilan dulu,” katanya.

Hal senada dikemukakan Sabri di Kabupaten Gowa yang selama ini bekerja sebagai tukang bengkel motor.

Dengan adanya bantuan motor roda tiga melalui Sentra Pangurangi Takalar ini, ia dapat memperluas jangkauan layanan ke pelanggan melalui bengkel keliling.

"Insyaallah dengan jangkauan lebih luas, juga akan menambah penghasilan dibandingkan bengkel yang selama ini saya kelola," katanya.
Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi (kiri) bersama salah seorang penerima bantuan ATENSI, Sabri, di Panti Sosial Sentra Wirajaya Makassar , Selasa (8/11/2022). ANTARA/Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022