Jakarta (ANTARA) - Para pencinta Pokemon Go bisa turut berpartisipasi dan berinteraksi dengan sesama pemain di AFK Festival Piala Presiden Esport 2022 pekan ini.

Pada gelaran Piala Presiden Esport 2022 yang akan diselenggarakan di Istora GBK 11-13 November 2022, Komunitas Pokemon Go Indonesia diundang untuk ikut menyemarakkan acara yang bertajuk "AFK Festival - Piala Presiden Esport 2022".

Admin Komunitas Pokemon Go Indonesia, Khae, mengatakan pada Rabu dalam siaran resmi bahwa komunitas tersebut akan mengadakan kegiatan pada hari kedua dan ketiga.

"Kegiatan yang akan kami lakukan adalah Mabar Community Day, Mabar Elite Raid, Lucky Bowl/Quiz Berhadiah dan acara utama kami Turnamen PvP Pokemon Go," kata Khae.

Turnamen PvP Pokemon Go menawarkan hadiah hingga Rp1,5 juta untuk pemenang.

Komunitas Pokemon Go Indonesia sempat mengalami pasang surut dikarenakan larangan untuk berkumpul dalam massa yang besar. Aktivitas berkumpul kembali dilakukan pada April 2022 pada event Community Day dan berlangsung rutin setiap bulan.

Community Day Stufful di Bulan April 2022 di Taman Suropati bahkan mendapatkan perhatian khusus dengan datangnya perwakilan langsung dari pengembang game Pokemon Go, Niantic, yaitu Omar Tellez (Vice President Strategic Partnerships Niantic), Priscilla Campillo (Manager, Emerging Markets & Strategic Partnerships at Niantic, Inc.) Aramis Pellisari (Strategic Partnerships Niantic), dan memperkenalkan anggota baru dari Niantic asal Indonesia, Nidya Arilya (Growth Scout, Emerging Markets).

Omar Tellez kala itu menuturkan Niantic memiliki tiga nilai yang mereka apikasikan dalam game-game buatannya yaitu, Exercise, Explore, dan Socialize.

"Contohnya di Pokemon Go sendiri, setiap player harus berjalan menuju tempat pokemon berada (exercise), yang selanjutnya otomatis akan menjangkau kawasan baru (explore), dan pada akhirnya bersosialisasi dengan player lain (Socialize) untuk melawan pokemon bersama (Raid Battle), berteman dalam game dan saling berkirim gift, dan juga dapat bertukar koleksi pokemon (trading)."

Pertemuan di Hari Komunitas berlanjut di bulan berikutnya dengan tempat yang berbeda setiap bulannya seperti Taman Tebet Ecopark, Cattleya Park, Lotte Avenue Mall, Kawasan Kota Tua, Blok M Plaza, dan Trans Studio Mall Cibubur.

Pada November ini Neo Soho akan menjadi destinasi berikutnya gathering bulanan Komunitas Pokemon Go Indonesia.

"Event Community Day berlangsung secara global selama tiga jam sesuai waktu lokal masing-masing. Adapun pertemuan tidak hanya berlangsung di Jakarta, beberapa kota pilihan Niantic juga mengadakan pertemuan rutin bulanan tersebut di tempat. Contohnya, komunitas Pokemon Go yang berdomisili di Bandung mengadakan gathering di Cihampelas Walk, Malang di Taman Singha Merjosari, Surabaya di Taman Bungkul dan seterusnya," jelas Khae.

Baca juga: Game Kartu Koleksi edisi "Pokemon GO" resmi dirilis

Baca juga: Pokemon GO ditarik dari Rusia dan Belarusia

Baca juga: "Among Us" catatkan setengah miliar pemain, salip "Pokemon GO"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022