Jakarta (ANTARA) - Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) menilai shoppable live stream atau jual beli melalui siaran langsung yang kini marak dilakukan oleh berbagai platform e-commerce mampu menjangkau lebih banyak pembeli yang potensial dengan cakupan yang lebih luas.

"Inovasi dalam kegiatan jual beli online tentunya sangat dibutuhkan terutama dalam menyediakan konten menarik. Shoppable live stream ini merupakan inovasi marketing yang dapat menjangkau lebih banyak pembeli potensial dengan cakupan yang lebih luas," kata Ketua Umum IdEA Bima Laga melalui keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ia juga mengatakan, shoppable live stream sangat relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat termasuk Gen Z dan milenial, mengingat di era saat ini masyarakat cenderung memanfaatkan platform digital untuk mencari informasi dan inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya.

Selain itu, lanjut dia, shoppable live stream juga meningkatkan keterikatan antara penjual dan mitra brand dengan para pelanggan. Hal tersebut, menurutnya, memungkinkan mereka untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terkait produk yang mereka jual kepada pelanggan.

"Alhasil, penjual dan brand partner dapat menjaga share of mind untuk mempertahankan penjualan mereka," katanya.

Pernyataan Bima tersebut terbukti sebab berdasarkan studi SEA Ahead Wave 5 yang dihimpun oleh perusahaan riset Ipsos, terdapat 69 persen konsumen di Asia Tenggara yang telah mengakses fitur shoppable live stream dan 66 persen konsumen membeli produk menggunakan fitur tersebut.

Di pasar Indonesia, sebanyak 78 persen konsumen mengaku pernah mendengar dan mengetahui adanya alternatif belanja melalui fitur shoppable live stream, di mana 71 persen di antaranya telah mencobanya dan 56 persen telah membeli produk melalui fitur tersebut.

"Harapannya, ke depannya kegiatan live stream ini akan terus berkembang dan bisa memberikan dampak positif lebih besar bagi perekonomian Indonesia," ujar Bima.

Sebagai informasi, TikTok Shop merupakan salah satu platform belanja daring yang telah memanfaatkan shoppable live stream.

Pada festival belanja 10.10 lalu, TikTok Shop berhasil memecahkan dua rekor MURI yaitu melakukan shoppable live stream terlama selama 10 hari non stop bersama brand Roughneck 1991 dan akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam waktu dua minggu untuk kategori fesyen.

“Sesuai dengan konsep shoppertainment, TikTok Shop menghadirkan fitur-fitur yang mendukung pengguna untuk menikmati konten yang menghibur terlebih dulu, kemudian baru mengajak mereka untuk berbelanja, seperti fitur live stream dan video pendek,” kata Fashion Category Lead TikTok Shop Indonesia Desey Muharlina Bungsu.

“Saat ini, TikTok Shop telah menjadikan shoppable live stream sebuah tren baru dalam belanja online, karena lewat fitur ini penjual dan pembeli bisa berinteraksi dua arah,” ujarnya.

Baca juga: Penting bagi masyarakat tahu cara cegah penipuan digital

Baca juga: IdEA sebut 11 juta UKM baru masuk e-commerce

Baca juga: Tiga alasan beli produk lokal selama Ramadhan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022