di panggung Piala Dunia, Prancis jauh lebih berkilau
Jakarta (ANTARA) - Grup D kemungkinan besar menjadi milik Prancis dan Denmark karena selain berperingkat jauh di atas dua tim lainnya, kedua tim juga kekuatan besar di Eropa.

Juara bertahan Prancis mungkin menjadi juara grup ini, namun Denmark yang mencapai semifinal Piala Eropa 2020 tak akan membiarkan Prancis melenggang mulus.

Akan tetapi di panggung Piala Dunia, Prancis jauh lebih berkilau karena telah dua kali menjuarai turnamen ini pada 1998 dan 2018, sedangkan prestasi terbaik Denmark adalah perempat final edisi 1998.

Tunisia dan Australia perlu berjuang keras untuk membalikkan semua perhitungan yang menaruh mereka dalam posisi inferior terhadap kedua tim Eropa itu.

Berikut profil keempat tim dalam Grup D yang disarikan dari berbagai sumber, termasuk kantor berita AFP.

PRANCIS

Pencapaian terbaik Piala Dunia: juara pada 1998 dan 2018

Pencapaian terbaik turnamen lain: juara Piala Eropa 1984 dan 2000, juara Piala Konfederasi 2001 dan 2003, juara Nations League Eropa 2021

Peringkat FIFA: 4

Prancis lolos setelah tak terkalahkan dan menjuarai Grup D zona Eropa. Prancis memenangkan lima pertandingan dari delapan laga, sedangkan sisanya seri.

Bersama Ukraina, Prancis tak terkalahkan dalam grup ini, tetapi Ukraina gagal ke Qatar karena karena kalah dalam playoff.

Skuad:
Kemungkinan besar diperkuat pemain-pemain lima liga top Eropa dengan komposisi terbanyak dari Liga Spanyol, termasuk Karim Benzema, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann.

Hampir semua anggota skuad berpredikat pemain, termasuk Olivier Giroud di AC Milan, Hugo Lloris di Tottenham Hotspur, Ibrahima Konate di Liverpool, Raphael Varane di Manchester United, Lucas Hernandez di Bayern Muenchen, dan tentu saja Kylian Mbappe di Paris Saint-Germain.

Kemungkinan skuad Prancis:

Penjaga gawang:
Hugo Lloris (Tottenham Hotspur/Inggris), Mike Maignan (AC Milan/Italia), Alphonse Areola (West Ham United/Inggris)
Bek: Lucas Hernandez (Bayern Muenchen/Jerman), Theo Hernandez (AC Milan/Italia), Pierre Kalulu (AC Milan/Italia), Presnel Kimpembe (Paris Saint-Germain), Jules Kounde (Barcelona/Spanyol), Ferland Mendy (Real Madrid/Spanyol), Benjamin Pavard (Bayern Muenchen/Jerman), Ibrahima Konate (Liverpool/Inggris), Raphael Varane (Manchester United/Inggris)
Gelandang: Eduardo Camavinga (Real Madrid/Spanyol), Youssouf Fofana (Monaco), Matteo Guendouzi (Marseille), Adrien Rabiot (Juventus/Italia), Aurelien Tchouameni (Real Madrid/Spanyol)
Pemain depan: Karim Benzema (Real Madrid/Spanyol), Kingsley Coman (Bayern Muenchen/Jerman), Ousmane Dembele (Barcelona/Spanyol), Olivier Giroud (AC Milan/Italia), Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Spanyol), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Christopher Nkunku (RB Leipzig/Jerman)

Pelatih: Didier Deschamps. Pelatih berusia 54 tahun ini adalah satu dari tiga orang yang menjuarai Piala Dunia baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih, setelah mengikuti jejak Mario Zagallo dari Brazil dan Franz Beckenbauer dari Jerman.

Selagi masih menjadi pemain dia juga turut mengantarkan Prancis menjuarai Euro 2000, dan mempersembahkan gelar juara Liga Champions kepada Marseille dan Juventus.
Dia melatih Prancis pada 2012 setelah menggantikan Laurent Blanc. Deschamps juga membawa Les Bleus ke delapan besar Piala Dunia Brazil 2014 dan final Euro 2016. Prancis tampil buruk selama Euro 2020 namun bangkit untuk menjuarai Nations League tahun lalu

Pemain terpenting: Karim Benzema tampil cemerlang bersama Real Madrid belakangan tahun ini sampai kemudian dianugerahi Ballon d'Or.

Dikesampingkan dari timnas selama lima 5,5 tahun, dia kembali masuk timnas dengan memperkuat Prancis dalam Euro 2020 dan Nations League tak lama setelah itu.

Jadwal pertandingan:
22 November: melawan Australia
26 November: melawan Denmark
30 November: melawan Tunisia

DENMARK

Pencapaian terbaik Piala Dunia: perempat final 1998

Pencapaian terbaik turnamen lain: juara Piala Eropa 1991

Peringkat FIFA: 10

Lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah menjuarai Grup F zona Eropa dengan hanya sekali kalah dari 10 pertandingan. Sembilan laga lainnya selalu menang.

Skuad:
Liga Inggris menjadi asal paling umum untuk anggota skuad Denmark termasuk Pierre-Emile Hojbjerg di Tottenham, Christian Eriksen di Manchester United dan Mikkel Damsgaard di Brentford.

Masih ada kiper kawakan Kasper Schmeichel yang kini memperkuat Nice di Liga Prancis, Andreas Christensen di Barcelona, Kasper Dolberg dri Seville, Martin Braithwaite di Silkeborg, dan Simon Kjaer di AC Milan.

Skuad pendahuluan Denmark:

Penjaga gawang: Kasper Schmeichel (Nice/Prancis), Oliver Christensen (Hertha Berlin/Jerman)
Bek: Daniel Wass (Brondby), Rasmus Nissen Kristensen (Leeds United/Inggris), Jens Stryger Larsen (Trabzonspor/Turki), Joakim Maehle (Atalanta/Italia), Andreas Christensen (Barcelone/Spanyol), Simon Kjaer (AC Milan/Italia), Joachim Andersen (Crystal Palace/Inggris), Victor Nelsson (Galatasaray/Turki)
Gelandang: Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham/Inggris), Thomas Delaney (Seville/Spanyol), Christian Eriksen (Manchester United/Inggris), Mathias Jensen (Brentford/Inggris)
Pemain depan: Mikkel Damsgaard (Brentford/Inggris), Andreas Skov Olsen (Club Brugge/Belgia), Jesper Lindstrom (Eintracht Frankfurt/Jerman), Martin Braithwaite (Silkeborg), Kasper Dolberg (Seville/Spanyol), Jonas Wind (Wolfsburg/Jerman), Andreas Cornelius (FC Copenhagen)

Pelatih: Kasper Hjulmand. Ditunjuk melatih Denmark pada 2020, pria berusia 50 tahun ini mengantarkan Denmark ke semifinal Euro 2020.
Hjulmand melatih di Jerman pada 2014-15 menggantikan Thomas Tuchel di Mainz, namun gagal sehingga balik lagi ke Denmark untuk melatih Nordsjælland.

Pemain terpenting: Tak pelak lagi Christian Eriksen adalah pemain terpenting Denmark yang menjadi otak serangan timnya sekalipun tak tuntas bermain dalam Euro 2020 karena serangan jantung.

Jadwal pertandingan:
22 November: melawan Tunisia
26 November: melawan Prancis
30 November: melawan Australia

TUNISIA

Pencapaian terbaik Piala Dunia: fase grup dalam lima edisi

Pencapaian terbaik turnamen lain: juara Piala Afrika 2004

Peringkat FIFA: 30

Tunisia mengalahkan Mali dalam playoff zona Afrika untuk mencapai putaran final Piala Dunia 2022.

Sebagai tim berkoefisien tinggi, Tunisia langsung masuk putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika dalam Grup B. Tunisia melewati enam pertandingan yang berakhir empat kali menang, sekali seri dan sekali kalah.

Guna memperebutkan salah satu dari lima jatah Afrika, Tunisia menghadapi Mali yang juara Grup E dalam playoff dua leg.

Setelah menang 1-0 dalam leg pertama di Mali berkat gol semata wayang Moussa Sissako, kedua tim seri 0-0 dalam leg kedua di Tunis sehingga Tunisia lolos ke Qatar.

Skuad:

Tunisia akan membawa para pemain yang bertanding di Eropa dan Timur Tengah, tapi yang paling banyak berasal dari Liga Prancis karena kebanyakan pemain Tunisia berkiblat ke Prancis. Pemain terkenal mereka adalah Hannibal Mejbri dari Manchester Utd dan Montassar Talbi yang bermain untuk klub Lorient di Ligue 1 Prancis.

Kemungkinan skuad Tunisia:

Penjaga gawang: Bechir Ben Said (US Monastir), Aymen Dahmen (CS Sfaxien), Mohamed Debchi (Esperance)
Bek: Ali Abdi (Caen/Prancis), Dylan Bronn (Salernitana/Italia), Mohamed Drager (Luzern/Swiss), Nader Ghandri (Club Africain), Bilel Ifa (Kuwait SC/Kuwait), Rami Kaib (Heerenveen/Belanda), Ali Maaloul (Al Ahly/Mesir), Hamza Mathlouthi (Zamalek/Mesir), Mortadha Ben Ouanes (Kasimpasa/Turki), Omar Rekik (Sparta Rotterdam/Belanda), Montassar Talbi (Lorient/Prancis), Yan Valery (Angers/Prancis)
Gelandang: Ghailene Chaalali (Esperance), Saif-Eddine Khaoui (Clermont/Prancis), Aissa Laidouni (Ferencvaros/Hungaria), Hannibal Mejbri (Manchester Utd/Inggris), Ferjani Sassi (Al Duhail/Qatar), Ellyes Skhiri (Cologne/Jerman)
Pemain depan: Saifeddine Jaziri (Zamalek), Wahbi Khazri (Montpellier/Prancis), Taha Yassine Khenissi (Kuwait SC/Kuwait, Youssef Msakni (Al Arabi/Qatar), Naim Sliti (Al Ettifaq/Arab Saudi)

Pelatih: Jalel Kadri melatih Tunisia sejak Maret tahun ini setelah menjadi asisten Mondher Kebaier yang dipecat akibat kalah melawan Burkina Gaso dalam perempat final Piala Afrika 2021. Selama 20 tahun dia melatih di Tunisia, Libya, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Pemain terpenting: Youssef Msakni menjadi andalan Tunisia selama lebih dari sepuluh tahun terakhir, namun absen dalam Piala Dunia 2018 karena cedera pergelangan kaki. Dia pemain serba bisa yang bisa mengisi posisi belakang, tengah dan depan.

Jadwal pertandingan:
22 November: melawan Denmark
26 November: melawan Australia
30 November: melawan Prancis

AUSTRALIA

Pencapaian terbaik Piala Dunia: 16 besar Piala Dunia 2006

Pencapaian terbaik turnamen lain: juara Piala Asia 2015, Juara Oseania 1980, 1996, 2000, 2004

Peringkat FIFA: 38

Lolos ke Qatar setelah menang adu penalti 5-4 melawan Peru dalam playoff antarbenua. Australia terpaksa melewati dahulu playoff antarbenua melawan peringkat keenam Amerika Selatan karena finis urutan ketiga di bawah Arab Saudi dan Jepang dalam babak ketiga kualifikasi Piala Dunia Grup B zona Asia.

Pada babak kedua Australia tak terkalahkan di Grup B dengan memenangkan semua dari delapan laga. Namun dalam babak ketiga, Australia kalah tiga kali sehingga finis ketiga di bawah Saudi dan Jepang.

Skuad:

Liga Skotlandia dan Liga Australia menjadi asal umum kebanyakan pemain Australia, termasuk Aziz Behich yang bermain untuk Dundee United dan Aaron Mooy untuk Celtic di Skotlandia.

Mereka juga diperkuat trio Liga Championship Inggris, yakni Harry Souttar di Stoke City, Riley McGree di Middlesbrough dan Tom Rogic di West Brom.

Kemungkinan skuad Australia:

Penjaga gawang:
Mathew Ryan (FC Copenhagen/Denmark), Andrew Redmayne (Sydney FC), Mitch Langerak (Nagoya Grampus/Jepang)
Bek: Aziz Behich (Dundee Utd/Skotlandia), Milos Degenek (Columbus Crew/Amerika Serikat), Trent Sainsbury (Al-Wakrah/Qatar), Joel King (Odense Boldklub/Denmark), Nathaniel Atkinson (Hearts/Skotlandia), Fran Karacic (Brescia/Italia), Harry Souttar (Stoke City/Inggris), Kye Rowles (Hearts/Skotlandia)
Gelandang: Aaron Mooy (Celtic/Skotlandia), Jackson Irvine (St Pauli/Jerman), Ajdin Hrustic (Hellas Verona/Italia), Connor Metcalfe (St Pauli/Jerman), Cameron Devlin (Hearts/Skotlandia), Riley McGree (Middlesbrough/Inggris), Tom Rogic (West Brom/Inggris)
Pemain depan: Awer Mabil (Cadiz/Spanyol), Mathew Leckie (Melbourne City), Martin Boyle (Hibernian/Skotlandia), James Maclaren (Melbourne City), Adam Taggart (Cerezo Osaka/Jepang), Jason Cummings (Central Coast Mariners), Mitchell Duke (Fagiano Okayama/Jeanga), Garang Kuol (Central Coast Mariners)

Pelatih: Graham Arnold. Pelatih berusia 59 tahun itu melatih Australia sejak 2018 setelah Bert van Marwijk hengkang menjelang Piala Dunia 20128.
Arnold adalah mantan asisten pelatih Socceroos bersama Guus Hiddink pada Piala Dunia 2006 di mana Australia lolos ke 16 besar.

Pemain terpenting: Aaron Mooy tak pelak lagi menjadi pemain terpenting Australia karena menjadi jenderal lapangan tengah dan paling berpengalaman.
Kini membela Celtic di Skotlandia, pemain berusia 32 tahun itu pernah membela Brighton dan Huddersfield Town di Inggris.

Jadwal pertandingan:
22 November: melawan Prancis
26 November: melawan Tunisia
30 November: melawan Denmark





 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022