Jakarta (ANTARA) - Pelatih Belgia Roberto Martinez masih menggantung kepastian masuknya Romelu Lukaku dalam skuad Piala Dunia 2022 dengan mengatakan bahwa striker Inter Milan itu harus cukup fit untuk bisa mengikuti babak penyisihan grup atau dia akan dicoret.

Martinez akan mengumumkan susunan Timnas Belgia untuk Qatar 2022 pada Kamis dan memanfaatkan kesempatan batas waktu selambat mungkin untuk membuat keputusan tentang Lukaku yang telah absen karena cedera hamstring dan sedang berusaha kembali bugar.

"Keputusan akan dibuat sesaat sebelum kami mengumumkan daftarnya," kata Martinez seperti dikutip Reuters dari L Equipe.

"Itu akan berhubungan dengan tiga pertandingan babak pertama. Jika dia fit untuk berpartisipasi di salah satunya, maka  dia adalah pemain yang kami inginkan ada dalam tim kami. Jika dia tidak bisa, dia tidak akan dipilih."

Baca juga: Profil dan peta kekuatan Grup D Piala Dunia 2022

Lukaku menjalani tes medis harian dengan tim dokter Belgia setelah membuat dua penampilan sebagai pemain pengganti untuk Inter sejak Agustus.

Belgia akan mengawali penampilan mereka dalam Piala Dunia 2022 melawan Kanada pada 23 November, sebelum bertemu Maroko empat hari kemudian dan Kroasia pada 1 Desember.

"Kami melihat tanda-tanda pemulihan, tetapi kami akan menunggu sampai sebelum pengumuman untuk memberi kami lebih banyak waktu," tambah Martinez.

"Kami harus menilai peningkatan kondisinya untuk membantu memperkirakan waktu pemulihannya. Jika dia fit pada 1 Desember, dia akan bersama kami."

Baca juga: Profil dan peta kekuatan Grup C Piala Dunia 2022

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022