Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengapresiasi keikutsertaan Majelis Hukama Muslimin (MHM) dalam Indonesia International Book Fair (IIBF) 2022.

"Bukunya bagus-bagus, senang Majelis Hukama bisa bergabung dalam pameran," ujar Abdul Halim saat meninjau stan pameran MHM dalam IIBF di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT mendapat buku Al-Imam wal Baba wat-Thariq as-Sa'b, karya Sekjen MHM Mohamed Abdelsalam.

Buku itu telah diterjemahkan dengan judul Imam Akbar, Sri Paus, dan Jalan yang Sulit. Buku ini merupakan kesaksian sejarah sang penulis yang mengikuti seluruh tahapan proses kelahiran Piagam Persaudaraan Manusia yang ditandatangani oleh Syekh Al-Azhar Ahmed Al Tayeb dan Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus pada Februari 2019.

Baca juga: Mendes PDTT berharap IIBF tumbuhkan minat baca masyarakat

Direktur MHM Cabang Indonesia Muchlis M Hanafi mengatakan, keikutsertaan MHM dalam IIBF untuk mengukuhkan kehidupan damai, menanamkan nilai dan budaya dialog dan toleransi, membangun jembatan komunikasi dan kerja sama antara sesama umat manusia dengan pelbagai latar keberagamannya.

"Ini adalah keikutsertaan Majelis Hukama Muslimin kali ketiga dalam IIBF di Indonesia," tuturnya.

Dalam IIBF 2022, MHM menyajikan sejumlah buku yang meluruskan pemahaman keliru tentang konsep tertentu dalam ajaran Islam, serta mengkonter narasi kebencian, rasisme, dan fanatisme kelompok atau golongan.

Buku-buku yang dipamerkan MHM juga menawarkan solusi dalam menghadapi fenomena ekstremisme.

Baca juga: Mendes PDTT: Hasil inovasi TTG masuk "e-katalog" katalog Kemendes

Narasi yang diusung MHM, lanjut dia, adalah menebar nilai-nilai kebaikan, cinta kasih, perdamaian, dan hidup berdampingan secara rukun atau koeksistensi.

"Kami mengundang pengunjung pameran untuk mengunjungi stan khusus MHM di JCC Senayan, stand nomor 64," ujar Muchlis.

Ia menyampaikan, buku-buku yang dipamerkan sebagian besar berbahasa Arab. Namun, ada juga yang berbahasa Inggris dan Indonesia.

Buku-buku yang dipamerkan dalam stan MHM itu di antaranya Al-Qawl al-Thayyib dan Muqawwimât al-Islam yang ditulis Ketua MHM Prof. Dr. Ahmad Al-Tayeb, Syekh Al-Azhar. Buku Al-Hubb fi al-Qur'an al-Karim (Cinta dalam Al-Qur’an) karya Pangeran Ghazi Al-Hasyimi, salah seorang anggota MHM.

Baca juga: Ikapi gandeng Kemendes PDTT gelar pameran buku IIBF

Selain itu juga ada buku Al-Luma‘ fî ar-Radd 'ala az-Ziyaghi wa al-Bida' (mengkonter pemikiran menyimpang dan bidah) yang ditulis oleh Imam Al-Asy'ari dan ditahkik oleh Prof. Dr. Hasan Syafii, anggota MHM.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022