Palu (ANTARA) - Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Dr Arifuddin M Arif menyatakan pembelajaran berbasis teknologi di satuan pendidikan di daerah perlu ditopang dengan ketersediaan sarana dan infrastruktur teknologi yang memadai.

"Salah satunya adalah harus didukung dengan ketersediaan jaringan dan segala perangkat pendukung yang berkaitan dengan internet," ucap Arifuddin M Arif, di Palu, Rabu, terkait dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru.

Arifuddin yang merupakan dosen Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan UIN Palu ini mengakui bahwa guru dituntut menguasai teknologi dan memadukannya dalam setiap pembelajaran di kelas pada satuan pendidikan.

Baca juga: Guru diminta fokus pada pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi

Tuntutan itu, ujar dia, perlu diikutkan dengan kebijakan pemerintah untuk menyediakan akses internet yang memadai di daerah, terutama tersedianya sistem jaringan komunikasi dan informasi berbasis internet yang memadai.

"Sebab ini menjadi satu tantangan yang paling mendasar dihadapi oleh para guru," kata Arif.

Selain menyiapkan sarana dan infrastruktur pendukung pembelajaran berbasis teknologi informasi, menurut dia, para guru juga harus diberi literasi mengenai penggunaan dan penguasaan teknologi sistem informasi berbasis digital.

Baca juga: Kemendikbud: Perlu percepat adopsi teknologi pembelajaran

Ia menjelaskan, dalam penyelenggaraan pendidikan di tengah era disrupsi, pemerintah telah mendorong penerapan technological pedagogical content knowledge (TPACK) dalam pembelajaran di satuan pendidikan.

Dengan demikian, penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi satu standar kompetensi yang harus dimiliki oleh para guru.

"Kecakapan dan kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran masuk dalam standar kompetensi personal dan pedagogik," ujarnya.

Baca juga: Mendikbudristek: Teknologi dalam pembelajaran tidak bisa dihindari

"TPACK menjadi satu pendekatan dalam pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, yang telah terintegrasi dengan teknologi," kata Arifuddin.

Ia menambahkan, TPACK juga menjadi satu bentuk penyesuaian dalam proses pembelajaran dengan perkembangan zaman, khususnya kemajuan teknologi sistem informasi dan komunikasi.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022