Jakarta (ANTARA) - ​​​​​Chef Putri Habibie mengatakan kesalahan paling fatal yang sering dilakukan oleh para pemula dalam memasak adalah takut mencoba atau memulai.

"Gagal mencoba, itu adalah kesalahan fatal. Takut, tidak mau mencoba, nyerah duluan padahal belum mencobanya," ujar Putri saat berbincang di SIAL Interfood Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kiat menggoreng ayam tepung agar "crispy" di luar tapi lembut di dalam

Lebih lanjut, Putri mengatakan memasak bukanlah hal yang sulit jika berani memulainya.

Menurut Putri uji coba berkali-kali adalah hal yang wajar dalam memasak, namun ini akan membawa perubahan yang lebih baik dari segi kemampuan dan rasa.

"Kebanyakan itu mundur sebelum mencoba, nyerah duluan. Intinya adalah coba dulu, setelah mencoba nanti akan menemukan cara-caranya sendiri untuk lebih memudahkan," katanya.

Putri mengakui bahwa hal yang paling memberatkan dalam memasak adalah mempersiapkan bahan. Dia pun berbagi tips agar proses masak menjadi lebih sederhana dan cepat.

"Preparasi itu kan bikin capek, jadi coba kayak bumbu-bumbu udah dicacah dulu, nanti tinggal simpan. Jadi kapanpun mau masak tinggal cemplang-cemplung, ini akan lebih praktis," ujar cucu dari Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie itu.

Baca juga: Belajar membuat camilan tradisional ala chef profesional

Baca juga: Tips masak makanan sehat menurut Chef Norman Ismail

Baca juga: Tujuh kesalahan saat menyimpan telur

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022