Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propetindo (Jakpro), PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) membawa isu soal bangunan ramah lingkungan (green building) saat ajang pertemuan pimpinan bisnis dunia B20 Summit di Bali pada 13-14 November 2022 mendatang.
 
"Pada 13-14 November Jakkon akan hadir sebagai peserta dan akan membawa isu tersebut dalam ajang yang jadi rangkaian G20 tersebut," kata Managing Director PT Jakkon Hani Sumarno di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Jakkon bentuk badan usaha layanan pengelola fasilitas baru pada 2023
 
Isu tersebut dibawa, kata Hani, karena Jakkon bergerak pada bidang jasa profesional, yakni perencanaan, arsitektur, desain, dan urbanism yang dituntut peka pada perkembangan pada sisi alam hingga masyarakat.
 
Karena, kata dia, tata lingkungan, perkotaan sampai arsitektur bangunan bisa merubah perilaku masyarakat.
 
"Untuk itu kita tangkap sinyal-sinyal itu dan turut mengingatkan pada industri, para pelaku bisnis supaya dalam menyiapkan produk, pencapaian tertentu jangan lupa bahwa ada bumi tempat kita berpijak harus dijaga. Kalau tidak ingat ada impact dalam keputusan yang diambil akan berat," ucapnya.
 
Selain ikut membawa isu tersebut dalam ajang internasional B20, Jakkon juga menginisiasi acara Urban Talk bersama para individu, hingga komunitas pegiat lingkungan untuk membicarakan mengenai keberlanjutan (sustainablity) dan perubahan iklim yang rencananya dilaksanakan di Bali pada 11 November 2022 dan di Jakarta 16 November 2022.
 
Diketahui, Adapun B20 Summit 2022 diselenggarakan oleh Kamar Dagang Indonesia atau Kadin.

Baca juga: Jakkon: Pameran Among Jiwo jadi jalan pembuka bagi Ikonik Indonesia
 
Penyelenggara B20 Summit menghadirkan CEO perusahaan multinasional hingga Decacorn kelas dunia sebagai pembicara untuk sesi "Harnessing the power of innovation for future economic growth".
 
Berikut ini adalah daftar pembicara di B20 Summit 2022 di Bali:
 
- Anthony Tan, CEO, Co-Founder and Chairman of Grab
- Christian Gebara, CEO, Telefonica Brazil
- Alvin Sariaatmadja, President Director, Elang Mahkota Teknologi
- Deep Kapuria, Chairman, Hi-Tech Group
- Candace Johnson, Co-Founder of SES and Loral-Teleport Europe
 
Acara itu juga direncanakan dihadiri CEO Tesla Inc. Elon Musk di Presidensi B20 di Nusa Dua, Bali pada 13-14 November 2023 mendatang.
 
Dan juga aktris Anne Hathaway yang akan mewakili United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tepatnya sebagai UN Women Goodwill Ambassador. Nantinya, pada acara puncak B20 Summit 2022, ia akan berbicara dalam sesi bertema "Accelerating economic transformation and inclusive productivity growth".

Baca juga: Anne Hathaway akan hadiri acara puncak B20 di Bali

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022