Pasar sekarang dalam proses membalik halaman politik dan bersiap untuk laporan inflasi besok
New York (ANTARA) - Dolar menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), ketika hasil pemilihan paruh waktu AS sejauh ini menunjukkan sedikit bukti dari "gelombang merah" kemenangan Partai Republik yang diperkirakan beberapa orang, membuat investor fokus pada data inflasi yang akan datang.

Partai Republik membuat kemenangan moderat di pemilihan paruh waktu, tetapi Demokrat tampil lebih baik dari yang diperkirakan, sehingga kendali Senat bergantung pada perlombaan yang belum ditentukan mana dari dua pihak yang akan mengontrol.

Pertunjukan yang lebih kuat oleh Partai Republik mungkin telah mendukung gagasan dukungan fiskal yang lebih sedikit dan berpotensi puncak yang lebih rendah dalam suku bunga terminal The Fed, yang akan menjadi negatif bagi dolar, kata  Analis Pasar Senior Convera, Joe Manimbo, di Washington.

"Pasar sekarang dalam proses membalik halaman politik dan bersiap untuk laporan inflasi besok," kata Manimbo.

Investor menunggu untuk melihat apakah data Indeks Harga Konsumen AS pada Kamis akan memacu Federal Reserve (Fed) untuk terus menaikkan suku bunga hingga tahun depan dalam upaya untuk mengurangi inflasi, atau apakah mereka mungkin dapat mengurangi pengetatan kebijakan.

Baca juga: Harga emas jatuh 2,30 dolar, dipicu penguatan dolar dan ambil untung

Dolar telah mundur dari tertinggi multi-dekade dalam beberapa pekan terakhir karena investor mengambil keuntungan setelah reli selama berbulan-bulan dan karena spekulasi meningkat bahwa The Fed mungkin sedikit lebih dekat untuk mengungkapkan tentang kenaikan suku bunga yang mendukung dolar.

"Laporan inflasi bisa menjadi ujian lakmus yang baik untuk mengukur apakah sentimen dolar telah melemah secara material," kata Manimbo.

Euro melemah 0,7 persen terhadap dolar pada 1 dolar sedangkan greenback naik 0,7 persen terhadap yen. Namun prospek dolar masih kurang dari cerah.

"Meskipun dolar hari ini melonjak lebih tinggi, tren yang lebih luas tetap lemah dan kami masih merasa siklus bullish dolar semakin matang dan bahwa mata uang tersebut rentan terhadap lebih banyak pelemahan ke depan," kata Kepala Strategi Mata Uang Scotiabank, Shaun Osborne, dalam sebuah catatan.

Baca juga: Harga minyak anjlok, pasar khawatir COVID China dan lonjakan stok AS

Sterling turun 1,73 persen terhadap dolar menjadi 1,1337 dolar, dengan kecepatan untuk menghentikan kenaikan beruntun tiga hari karena investor resah atas ketidakmampuan mata uang untuk menembus level 1,16 dolar sehari sebelumnya.

Investor juga tetap waspada menjelang pernyataan fiskal yang direncanakan Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt pada 17 November, dengan indikasi akan ada tekanan pada pengeluaran publik dan pajak yang berpotensi lebih tinggi.

Pada Rabu (9/11/2022) dolar juga didukung oleh serangan penghindaran risiko menjelang laporan inflasi pada Kamis dan hari kedua melemahnya mata uang kripto karena investor terus khawatir tentang stabilitas sektor dan kesehatan keuangan bursa kripto FTX meskipun ada rencana untuk kesepakatan penyelamatan dari saingan yang lebih besar Binnacle.

Token asli FTX turun 43 persen pada level terendah lebih dari dua tahun di 3,112 dolar AS, sementara bitcoin 10,13 persen lebih rendah pada 16.809,83 dolar AS, tidak jauh dari level terendah dua tahun di 16.452,98 dolar AS yang disentuh di awal sesi.

Baca juga: Indodax berharap literasi masyarakat soal aset digital terus meningkat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022