Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)-Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah (Bazis) Jakarta Timur telah merenovasi sebanyak 142 rumah sepanjang tahun 2022.

Koordinator Baznas-Bazis Jakarta Timur, Eka Nafisah di Jakarta, Kamis, mengatakan, biaya renovasi itu merupakan hasil dari pengumpulan zakat, infak dan sedekah hingga 10 November 2022.

“Terakhir pada 8 November lalu, kita melakukan peresmian bedah rumah dan penyerahan kunci secara simbolis kepada seorang warga yang beralamat di Jalan Jembatan Lama RT 04 RW 07, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar," kata Eka.

Eka menambahkan, rumah Eko Widiantoro (30) sudah selesai dibedah dengan anggaran sebesar Rp50 juta dari program Bedah Rumah bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur (Jaktim).

Dia mengatakan, hasil pengumpulan zakat, infaq dan sedekah itu akan dikembalikan lagi ke masyarakat yang berhak menerimanya. Salah satunya yaitu melalui Program Bedah Rumah.

Baca juga: Pemkot Jaktim renovasi rumah warga korban kebakaran di Cipayung
Baca juga: Pemkot Jaktim perbaiki rumah warga tak mampu di Matraman

Eka mengatakan, pihaknya bersama dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur akan terus melanjutkan program Bedah Rumah itu dan menyasar ke warga yang benar-benar membutuhkan.

"Antara lain, merupakan warga tidak mampu dan tanah milik sendiri," ujar Eka.

Sebelumnya, Baznas -Bazis Jakarta Timur menargetkan dapat merenovasi 187 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah tersebut.

Baznas-Bazis Jakarta Timur menyiapkan anggaran sebesar Rp9,35 miliar untuk program bedah rumah tersebut. Dana tersebut diambil dari hasil perolehan ZIS 2021 sebanyak 30 persen dan sisanya dari dana ZIS tahun ini.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022