Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, mengingatkan masyarakat mengenai manfaat mendonorkan darah secara rutin sekaligus mengkampanyekan gerakan hidup sehat.

Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Kepulauan Seribu,
Purnomo di Jakarta, Kamis, mengatakan, donor darah adalah kegiatan yang bermanfaat, bukan hanya kepada mereka yang membutuhkan bantuan darah tapi juga kepada donor atau penyumbang darah akan menjadi lebih sehat.

"Kita semua sudah tahu donor darah kegiatan yang penuh manfaat. Bukan hanya mereka yang membutuhkan bantuan darah, kita pun yang berdonor juga menjadi lebih sehat," kata Purnomo.

Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Kepulauan Seribu, Fahrullah menambahkan, seseorang yang menjadi donor darah mendorong mekanisme tubuh untuk membentuk sel-sel darah merah baru sebagai pengganti dari darah yang sudah dikeluarkan.

"Pembentukan sel darah merah baru itu menjadikan donor atau penyumbang darah menjadi lebih bugar," kata Fahrullah.

Apalagi saat donor darah dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu seperti cek nadi dan tekanan darah, suhu tubuh serta kadar hemoglobin untuk memastikan bisa- tidaknya seseorang menjadi donor atau penyumbang darah.

Baca juga: Kepulauan Seribu ajak pemuda memajukan daerah
Baca juga: Kepulauan Seribu ajak pemuda memajukan daerah

Menurut Fahrullah, masyarakat Kepulauan Seribu antusias mengikuti setiap kegiatan donor darah PMI Kepulauan Seribu.

Hal itu terlihat saat kegiatan donor darah di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Rabu (9/11).

Sekitar 75 peserta dari warga setempat maupun organisasi masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kepulauan Seribu menyumbangkan darahnya demi memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kepulauan Seribu.

Sejumlah relawan Korps Sukarela (KSR) yang dikerahkan untuk membantu petugas donor darah dari Unit Donor Darah PMI Provinsi DKI Jakarta saat itu pun bekerja dengan baik.

Dia berharap semangat tersebut dapat menular kepada masyarakat yang belum rutin donor darah agar membantu ketersediaan kantong darah di PMI DKI Jakarta.

"Antusiasnya bagus. Semoga darah yang diperoleh dapat bermanfaat dan membantu ketersediaan kantong darah di PMI DKI Jakarta," kata Fahrullah.
​​​​​​​

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022