Pengawasan internal yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kemenperin lebih dititikberatkan pada pengawasan yang bersifat preventif dan dapat berfungsi sebagai early warning system
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian fokus mengawal peningkatan penggunaan produk dalam negeri, salah satu dengan meningkatkan sinergi pencapaian kinerja seluruh unit eselon I maupun satuan kerja (satker) dengan mengembangkan pola-pola pengelolaan risiko.

Hal itu untuk mencapai target kinerja secara efektif, efisien, dan akuntabel melalui peningkatan peran pengawasan internal terhadap setiap pelaksanaan kegiatan.

"Pengawasan internal yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kemenperin lebih dititikberatkan pada pengawasan yang bersifat preventif dan dapat berfungsi sebagai early warning system," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, lanjut Menperin, peningkatan kapasitas dan kapabilitas pengawasan juga menjadi hal yang perlu dipersiapkan.

Menperin menyampaikan hal itu saat membuka Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Kemenperin secara daring.

Pada kesempatan tersebut, Menperin mengingatkan seluruh aparat pengawas intern pemerintah (APIP) di Kemenperin untuk selalu menjaga integritas dan kompetensinya sehingga mampu untuk melakukan pengawalan dan pendampingan program-program prioritas serta mendorong peningkatan kinerja dan peningkatan kapabilitas pengawasan.

"Saya berharap APIP, khususnya para auditor, dapat menjadi partner yang strategis dan terpercaya bagi satuan kerja sehingga proses pengawasan, baik assurance maupun consulting, dapat berjalan dengan efektif," tegas Agus.

Rakorwas Kemenperin Tahun 2022 mengusung tema "Sinergi Mengawal Produk Dalam Negeri Wujudkan Industri Mandiri".

Pemilihan tema tersebut, ungkap Menperin, merupakan wujud semangat untuk terus mengawal target penggunaan produk dalam negeri (PDN) dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Saya berpesan agar inspektorat jenderal sebagai APIP di lingkungan Kemenperin dapat secara serius mengawal belanja produk dalam negeri, sebagai salah satu ikhtiar kita dalam mendorong industri dalam negeri," sebut Menperin.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenperin Masrokhan menyampaikan dalam upaya melaksanakan arahan Menteri Perindustrian untuk mengawal target terkait dengan PDN, Inspektorat Jenderal (Itjen) sebagai APIP di lingkungan Kemenperin, pada 2023 akan fokus pada pengawasan terhadap peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) di lingkungan Kemenperin.

Sebagai langkah strategis agar pelaksanaan pengawasan P3DN tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien, Inspektorat Jenderal Kemenperin akan melakukan kerja sama audit dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang dituangkan dalam nota kesepahaman bersama.

"Melalui pelaksanaan joint audit tersebut, diharapkan pengawasan P3DN akan menyajikan kondisi yang sesungguhnya serta memberikan rekomendasi yang komprehensif dalam rangka perbaikan tata kelola serta strategi yang diperlukan untuk akselerasi pencapaian target P3DN di lingkungan Kemenperin," ujarnya.

Masrokhan menuturkan, untuk mencapai target terkait PDN, Itjen Kemenperin turut mengajak seluruh pimpinan unit eselon I, pimpinan satker serta seluruh pegawai, untuk mendeklarasikan komitmen bersama untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

Selain itu, mengimplementasikan budaya manajemen risiko di lingkungan masing-masing. Komitmen tersebut selanjutnya akan dituangkan dan dinamakan sebagai "Jogja Commitment".

"Keberhasilan serta efektivitas pengawasan internal tentu saja tidak akan terwujud tanpa adanya kolaborasi serta sinergi antara APIP dengan seluruh satker di lingkungan Kemenperin," paparnya.

Baca juga: Menperin: Belanja Rp1 produk lokal, sumbang Rp2,2 ke ekonomi nasional
Baca juga: Menperin sebut akan intensifkan serapan produk furniture dalam negeri
Baca juga: Kemenperin: Anggaran pengadaan dongkrak ekonomi RI tumbuh 1,7 persen


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022