Pengerjaan track improvement ini berhasil dilakukan lima hari lebih cepat dari tenggat waktu yang sudah ditetapkan..
Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney bersama sejumlah pemangku kepentingan menyatakan optimistis dalam melakukan persiapan guna mendukung kesuksesan World Superbike (WSBK) 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 12-13 November 2022.

Persiapan yang dilakukan antara lain persiapan infrastruktur sirkuit dan track improvement (pembenahan jalur lintasan) serta traffic management (manajemen lalu lintas) dan crowd control (pengendalian kerumunan) agar memberikan kenyamanan dan keamanan penonton WSBK.

“Pengerjaan track improvement ini berhasil dilakukan lima hari lebih cepat dari tenggat waktu yang sudah ditetapkan dengan kualitas yang sesuai dengan permintaan FIM,” jelas Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat.
Baca juga: Sirkuit Mandalika siap gelar balapan ke-900 World Superbike

Priandhi Satria menjelaskan pembenahan yang dilakukan berupa perubahan kerb dan peningkatan kualitas aspal Sirkuit Mandalika, yang mana persiapan ini dilakukan tidak hanya untuk kelancaran gelaran ajang, tapi juga untuk kenyamanan dan keamanan penonton dan pengunjung, mulai dari kedatangan, selama menyaksikan gelaran, sampai kepulangan dari sirkuit.

Sementara untuk kesiapan infrastruktur pendukung lain, PT Pembangunan Pariwisata Indonesia (ITDC) telah melakukan peningkatan kapasitas parkir dan jalan penghubung sehingga daya tampung kendaraan dapat meningkat dan akses penonton ke sirkuit Mandalika dapat lebih lancar.

“ITDC telah menyediakan 30 kantong parkir dengan total kapasitas 16.350 lot, yang tersebar di area sirkuit dan Kawasan The Mandalika. Kantong-kantong parkir tersebut terbagi menjadi 3 ring, yaitu ring 1 dengan total 17 kantong parkir berjarak 1 km, ring 2 dengan total 2 kantong parkir berjarak 2 km, dan ring 3 dengan total 11 kantong parkir berjarak 3 km,” jelas Direktur Utama PT Pembangunan Pariwisata Indonesia (ITDC), Ari Respati.
Baca juga: Panitia: Tiket WSBK Mandalika terjual 30.510 lembar

Dari sisi kesiapan pengelolaan logistik, ujar dia, PT Angkasa Pura I telah menyelesaikan proyek pengembangan bandara Internasional Lombok, yang sebelumnya bandara ini memiliki panjang 2.750 meter telah diperpanjang menjadi 3.300 meter, serta ditingkatkan daya dukungnya sehingga dapat melayani operasional pesawat berbadan besar (wide body) sekelas Boeing 777.

Selain itu, apron bandara juga diperluas, dari sebelumnya memiliki luas area 108.100 meter persegi menjadi 136.300 meter persegi, serta mampu menampung sebanyak 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat berbadan kecil (narrow body) dan 6 pesawat berbadan lebar.

Kemudian, lanjutnya, Bandara Internasional Lombok melakukan pengembangan infrastruktur pendukung lalu lintas kargo, berupa pembangunan akses jalan terminal kargo sepanjang 1.500 meter, serta pembangunan pelataran kargo seluas 6.000 meter persegi yang dapat menampung 40 truk kargo.

Sebelumnya, logistik dan perlengkapan WSBK 2022 sendiri sudah tiba sejak 29 Oktober 2022 dan 1 November 2022. Gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika kali ini merupakan kedua kalinya dan hal ini merupakan kepercayaan dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) terhadap Indonesia dalam menyelenggarakan ajang olahraga kelas dunia.

Baca juga: Sirkuit Mandalika lulus Homologasi Grade B untuk WSBK 2022

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022