Kami siap mendukung penuh kelancaran KTT Presidensi G20 Indonesia di mana YIA ditunjuk sebagai bandara pendukung.
Kulon Progo (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan tiga parking stand wide body atau enam parking stand narrow body yang khusus diperuntukkan parkir pesawat delegasi KTT Presidensi G20 Indonesia.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama, di Kulon Progo, Jumat, mengatakan Bandara Internasional Yogyakarta menjadi salah satu dari sembilan bandara dikelola PT Angkasa Pura I yang mendukung KTT Presidensi G20 Indonesia sudah siap memberikan pelayanan, baik seluruh personel dan fasilitas layanan di bandara.

"Kami siap mendukung penuh kelancaran KTT Presidensi G20 Indonesia di mana YIA ditunjuk sebagai bandara pendukung. YIA telah menyediakan tiga parking stand wide body atau enam parking stand narrow body yang khusus diperuntukkan sebagai penggunaan parkir pesawat delegasi KTT Presidensi G20 Indonesia," kata Agus Pandu Purnama dalam rilisnya.

Ia juga memastikan dan berkolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan untuk memenuhi kesiapan personel dan fasilitas penunjang yang menjamin pelayanan dan keamanan penerbangan dan operasional.

Dari segi personel, Bandara YIA telah menyiagakan kesiapan 399 orang personel internal dan 15 orang personel eksternal yang merupakan gabungan TNI dan Polri.

Selain itu, juga dengan personel custom, immigration and quarantine (CIQ). Seluruh personel dari pemangku kepentingan terkait juga disiagakan dalam pelaksanaan Posko Monitoring KTT Presidensi G20 Indonesia yang berlokasi di SCCR area lobi keberangkatan YIA mulai 10-20 November 2022.

Agus Pandu Purnama juga memastikan seluruh fasilitas penunjang juga dipastikan telah siap mendukung seluruh kebutuhan dan kelancaran operasional selama kegiatan berlangsung. Kesiapan kendaraan dan fasilitas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) YIA yang saat ini berada di kategori 8 disiapkan dengan optimal.

"Kami akan memastikan seluruh komunikasi dan kolaborasi antarinstansi atau pemangku kepentingan dapat berjalan dengan baik, sehingga operasional berlangsung aman dan nyaman,” katanya pula.

Guna mendukung KTT Presidensi G20 Indonesia di Bali yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 November 2022, kata Agus Pandu Purnama bahwa YIA melakukan melakukan penyesuaian jam operasional yang semula 15 jam operasional pada 06.00 WIB - 21.00 WIB, khusus pada 11-18 November 2022, jam operasional YIA disesuaikan menjadi 24 jam.

"Sampai dengan saat ini, aktivitas penerbangan YIA berkaitan dengan layanan penerbangan ke Bali masih normal," katanya lagi.
Baca juga: BKKBN: Gunakan G20 untuk terjemahkan tiap kebijakan pada masyarakat
Baca juga: Pemuka agama ajak masyarakat sukseskan KTT G20

Pewarta: Sutarmi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022