mendukung mereka dalam meningkatkan kemampuan pemantauan dan peringatan dini terhadap bencana alam, serta adaptasi iklim
Sharm El-Sheikh, Mesir (ANTARA) - Beradaptasi secara aktif dengan perubahan iklim adalah tugas yang "realistis dan mendesak," seperti disampaikan Kepala Delegasi China untuk Konferensi Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Zhao Yingmin pada Kamis (10/11).

Zhao Yingmin yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri di Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China, membuat pernyataan tersebut dalam sebuah acara sampingan bertema "Strategi dan Tindakan China untuk Adaptasi Iklim" yang diadakan pada Konferensi Ke-27 Para Pihak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (COP27) di kota pesisir Sharm El-Sheikh, Mesir.

Sang Menteri mengatakan bahwa mitigasi dan adaptasi merupakan dua solusi utama dalam menghadapi perubahan iklim, yang harus mendapat perhatian yang sama dan tidak boleh diabaikan.

Karena perubahan iklim global telah terjadi, tindakan adaptasi yang efektif dapat mengurangi efek merugikan dan risiko yang dihadapi oleh negara-negara dan kawasan sehingga dapat melindungi pembangunan sosial-ekonomi serta keamanan ekologi dan lingkungan, ujar Zhao.

Selain mempromosikan upaya adaptasi di dalam negeri, China juga secara aktif melakukan kerja sama Selatan-Selatan dengan sejumlah negara berkembang untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim, katanya.
 
   Selain mempromosikan upaya adaptasi di dalam negeri, China juga secara aktif melakukan kerja sama Selatan-Selatan dengan sejumlah negara berkembang untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim, katanya


"China menyediakan peralatan untuk negara-negara berkembang seperti mikrosatelit, stasiun meteorologi keliling (mobile), dan drone untuk mendukung mereka dalam meningkatkan kemampuan pemantauan dan peringatan dini terhadap bencana alam, serta adaptasi iklim," ujar Zhao.

Ia mendesak negara-negara maju untuk memenuhi janji mereka menyediakan 100 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.562) kepada negara-negara berkembang dalam pembiayaan iklim per tahun, serta membuat peta jalan guna menggandakan dana adaptasi itu.

Mengenai isu kerugian dan kerusakan akibat perubahan iklim, Zhao mengatakan bahwa hal tersebut menjadi perhatian utama bagi negara-negara berkembang.

"China juga akan mengerahkan berbagai upaya dan kontribusi positif guna mempromosikan kemajuan negosiasi tentang kerugian dan kerusakan," ujarnya.

Diselenggarakan bersama oleh Kementerian Ekologi dan Lingkungan China, Bank Pembangunan Asia (ADB) dan Pusat Adaptasi Global (Global Center on Adaptation), acara sampingan tersebut juga menggelar sejumlah diskusi tentang kebijakan dan tindakan yang perlu diadopsi untuk upaya adaptasi terhadap perubahan iklim, serta berbagi pengalaman dan kasus. 
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022