Hingga kini ada tiga kabupaten kota di Provinsi Aceh dilaporkan masih tergenang banjir. Wilayah banjir Kabupaten Aceh Selatan, Kota Subulussalam, dan Aceh Tamiang.
Banda Aceh (ANTARA) - Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh menyiagakan personel bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) yang siap membantu mengevakuasi warga terdampak banjir di provinsi itu.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes (Pol) Winardy di Banda Aceh, Jumat, mengatakan banjir masih terjadi di sejumlah wilayah di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Bhabinkamtibmas di wilayah terdampak banjir disiagakan membantu warga. Jika ada warga terdampak banjir membutuhkan bantuan segera berkoordinasi dengan bhabinkamtibmas," katanya.

Ia mengatakan hingga kini ada tiga kabupaten kota di Provinsi Aceh dilaporkan masih tergenang banjir. Wilayah banjir Kabupaten Aceh Selatan, Kota Subulussalam, dan Aceh Tamiang.

Banjir di tiga kabupaten kota tersebut, kata dia,  akibat meluapkan sejumlah sungai menyusul hujan dengan curah yang tinggi di sebagian wilayah Provinsi Aceh. Sedangkan banjir di Kabupaten Aceh Selatan, meliputi kawasan Trumon Raya karena air kiriman di wilayah hulu yang masuk daerah administrasi Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara.

Di tiga kabupaten kota tersebut, katanya, ada ratusan keluarga terdampak banjir. Di Kabupaten Aceh Selatan sebanyak 170 keluarga, serta Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil masing-masing 50 keluarga.

Perwira menengah juru bicara Polda Aceh itu mengimbau masyarakat tetap mewaspadai banjir susulan karena curah hujan di tiga wilayah tersebut dan Provinsi Aceh pada umumnya masih tinggi.

Selain waspada, Polda Aceh juga mengimbau aparatur desa maupun kecamatan meningkat koordinasi dengan kepolisian serta instansi terkait lainnya yang terdekat guna mengantisipasi hal tidak diinginkan sebagai dampak bencana alam tersebut.

"Bangun terus komunikasi dan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan dalam membantu menangani masyarakat terdampak banjir. Kepada bhabinkamtibmas, kami imbau tingkat kewaspadaan dan segera membantu masyarakat terdampak banjir," demikian Winardy.

Baca juga: BPBA: Cuaca ekstrem 27 desa di Aceh Selatan terendam banjir

Baca juga: Transportasi darat Aceh Selatan- Subulussalam lumpuh diterjang banjir

Baca juga: Kepala BNPB tinjau penanganan dampak banjir di Aceh Tamiang

Baca juga: BPBD: 2.139 rumah di Aceh Timur masih terendam banjir

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022