Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Haas Kevin Magnussen merebut pole position perdana dalam kariernya di Formula 1 setelah tampil tercepat pada babak kualifikasi sprint race Grand Prix Sao Paulo di Interlagos, Brazil, Jumat waktu setempat.

Magnussen diuntungkan oleh sejumlah faktor ketika menjalani sesi Q3. Ia menjadi pebalap terdepan saat mengantre keluar jalur pit sebelum sesi terakhir kualifikasi tersebut karena garasi tim Haas, sebagai tim peringkat terakhir di klasemen musim lalu, terletak paling ujung dekat jalur keluar pit.

Di tengah ancaman hujan dan lintasan basah, sang pebalap Denmark mencatatkan waktu tercepat 1:11,674 pada upaya pertamanya menggunakan ban slick saat trek cukup kering sebelum pebalap Mercedes George Russell keluar lintasan dan terjebak di gravel sehingga sesi kualifikasi dihentikan sementara dengan sisa waktu delapan menit.

Baca juga: Magnussen mimpikan podium menyusul kebangkitan tim Haas
Baca juga: Carlos Sainz dapat penalti mundur lima posisi grid di GP Sao Paulo


Para pebalap kembali ke garasi untuk menunggu trek dinyatakan aman, namun hujan turun di lintasan. Pebalap tim Red Bull Sergio Perez sempat kembali ke trek menggunakan ban intermediate tapi kondisi trek yang basah tak memungkinkan untuk mencetak lap yang lebih baik dari kondisi kering, menjadi acuan tim dan pebalap lain untuk menyudahi kualifikasi lebih dini.

Magnussen akan start sprint race ketiga musim ini di Brasil nanti pada Sabtu di depan juara dunia Max Verstappen yang mengamankan P2 untuk Red Bull dengan selisih 0,203 detik.

Sedangkan lap Russell cukup untuk membawanya ke P3 yang akan ditemani oleh pebalap McLaren Lando Norris di baris kedua.

"Saya tak tahu harus bilang apa," kata Magnussen setelah meraih pole seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Tim menempatkan saya pada posisi sempurna, menjalani lap yang cukup baik dan kami berada di pole. Ini luar biasa, terima kasih. Serangan maksimal (besok), mari bersenang-senang."

Baca juga: Verstappen ingin format sprint race Formula 1 dirombak

Carlos Sainz menjadi pebalap Ferrari terdepan di P5 untuk sprint nanti, mengungguli duet tim Alpine Esteban Ocon dan Fernando Alonso.

Lewis Hamilton yang finis P8 juga sempat mencoba kembali ke lintasan dengan ban intermediate untuk menilai kondisi trek meskipun pada akhirnya tak memungkinkan untuk memperbaiki posisinya.

Sementara itu, Charles Leclerc kembali dibuat tekor oleh strategi Ferrari. Sang pebalap Monako menjadi satu-satunya yang menggunakan ban intermediate pada awal Q3.

Saat keluar dari pit setelah berganti ban slick, bendera merah dikibarkan imbas kecelakaan Russell sehingga merugikan Leclerc yang belum mencatatkan waktu di antara sepuluh pebalap yang bersaing di Q3.

Leclerc akan start di belakang Perez. Delapan pebalap tercepat di sprint race dapat meraih poin, yaitu delapan poin untuk pemenang, tujuh untuk P2 dan seterusnya hingga satu poin untuk P8. Posisi finis balapan sepanjang 100km itu akan menentukan starting grid untuk balapan utama pada Minggu nanti.

Setelah gelar konstruktor dan pebalap direbut Red Bull dan Verstappen, Ferrari sekarang bersaing dengan Mercedes untuk peringkat dua klasemen. Pabrikan Italia itu unggul 40 poin dengan 96 poin diperebutkan dari Brasil hingga seri pemungkas musim Abu Dhabi.

Alpine dan McLaren dipisahkan tujuh poin dalam perebutan peringkat empat, sedangkan Aston Martin tertinggal empat poin dari penghuni peringkat enam Alfa Romeo.

Baca juga: Hamilton ingin ulangi kemenangan balap di "kampung halaman" Brazil
Baca juga: Statistik Grand Prix Sao Paulo



Hasil kualifikasi sprint race GP Sao Paulo:
1 Kevin Magnussen Haas F1 Team 1:11,674
2 Max Verstappen Oracle Red Bull Racing 1:11,877
3 George Russell Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1:12,059
4 Lando Norris McLaren F1 Team 1:12,263
5 Carlos Sainz Scuderia Ferrari 1:12,357
6 Esteban Ocon BWT Alpine F1 Team 1:12,425
7 Fernando Alonso BWT Alpine F1 Team 1:12,504
8 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1:12,611
9 Sergio Perez Oracle Bull Racing 1:15,601
10 Charles Leclerc Scuderia Ferrari Tanpa catatan waktu
11 Alex Albon Williams Racing
12 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri
13 Sebastian Vettel Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team
14 Daniel Ricciardo McLaren F1 Team
15 Lance Stroll Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team
16 Nicholas Latifi Williams Racing
17 Zhou Guanyu Alfa Romeo F1 Team Orlen
18 Valtteri Bottas Alfa Romeo F1 Team Orlen
19 Yuki Tsunoda Scuderia AlphaTauri
20 Mick Schumacher Haas F1 Team

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022