kepala korban langsung terbentur pasir dan mengalami kaki kram
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan menyelamatkan turis kelahiran Tainan, China bernama Chang Chun Yi (30) saat mengalami kecelakaan karena terjun bebas dari kapal yang ditumpanginya di perairan Gusung Petrik, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Sabtu.

Baca juga: Satpol PP selamatkan 11 penumpang kapal terombang-ambing di lautan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Pulau Tidung Yatim Husen mengatakan korban bersama lima temannya berangkat dari Pelabuhan Pantai Utara, Pulau Tidung untuk melakukan aktivitas memancing di perairan Pulau Karang Beras dan Pulau Air menggunakan Kapal Motor (KM) Krisna sekitar pukul 08.00 WIB.

"Korban bersama temannya mancing sampai pukul 09.50 WIB dan melanjutkan ke Gusung Petrik untuk berenang di sana," ujar Husen di Jakarta, Sabtu.

Husen menambahkan, saat tiba di Gusung Petrik pukul 10.00 WIB, pemandu wisata lokal menurunkan tangga kayu. Namun tiba-tiba korban Chang Chun-Yi langsung melompat terjun bebas dari atas kapal ke laut tanpa sepengetahuan pemandu.

Baca juga: Dukcapil sosialisasikan tertib administrasi di Pulau Pramuka

"Ternyata kedalaman air dangkal sehingga mengakibatkan kepala korban langsung terbentur pasir dan mengalami kaki kram," ujar Husen

Ditambahkan Husen, selanjutnya korban langsung diberikan pertolongan oleh pemandu wisata untuk dinaikkan ke atas kapal dan selanjutnya dibawa ke Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan menggunakan KM Krisna.

"Sampai di Puskesmas korban langsung ditangani oleh dokter, korban dalam keadaan sadar dan mengalami cedera bagian leher. Korban bersama temannya kemudian dibawa menggunakan Kapal Ambulans Gawat Darurat (AGD) untuk dirujuk ke RS Siloam Karawaci Tangerang," ujar Husen.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu ingatkan manfaat donor darah

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022