Saya sudah diberikan konfirmasi dari operator seluler
Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meninjau kesiapan pusat media atau media center yang akan digunakan jurnalis selama meliput Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

"Media center dihubungkan ke tempat KTT G20 di Apurva Kempinski secara aktual (real time)," kata Johnny saat kunjungan ke Media Center KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Akses peliputan KTT G20 kepada jurnalis diberikan melalui media center. Kementerian Komunikasi dan informatika, selaku penanggung jawab media dan komunikasi Presidensi G20 Indonesia, menyediakan ruang kerja dengan layar besar yang akan menampilkan acara KTT G20 dari Apurva Kempinski secara aktual.

Baca juga: Menkominfo pastikan pusat media di G20 disiapkan dengan baik

Menurut Menteri Johnny, infrastruktur konektivitas antara media center dengan Apurva sudah selesai dan bisa berjalan dengan baik mulai malam ini. Sementara untuk media center secara keseluruhan, persiapan diperkirakan selesai Sabtu malam sehingga per tanggal 13 November bisa diresmikan.

Mengenai jaringan telekomunikasi, Kementerian Kominfo berkoordinasi dengan operator telekomunikasi menyiapkan bandwidth yang besar baik menggunakan kabel serat optik maupun satelit.

"Saya sudah diberikan konfirmasi dari operator seluler bahwa mereka akan monitor bandwidth secara real time," kata Johnny.

Kementerian Kominfo menyiapkan dua lantai di BICC The Westin Resort sebagai media center peliputan KTT G20. Ruang kerja jurnalis di ruang itu dilengkapi dengan 192 unit komputer dan 192 jaringan LAN.

Baca juga: Menkominfo: anggota G20 berkomitmen bangun infrastruktur TIK

Kemenkominfo juga memberikan fasilitas ruang konferensi pers yang bisa menampung 443 orang, studio untuk siaran langsung dan studio untuk wawancara.

Sementara untuk materi peliputan, media center akan memberikan siaran pers dalam bahasa Indonesia dan Inggris serta foto dan video format clean feed yang bisa digunakan untuk penyiaran.

Acara puncak Presidensi G20 Indonesia KTT G20 akan berlangsung di Bali pada 15-16 November.

Baca juga: Menkominfo kunjungi pameran foto ANTARA di KTT G20

Baca juga: Kominfo gandeng influencer berikan informasi G20 kepada milenial

Baca juga: Warga Bali bersiap untuk mendukung kelancaran KTT G20

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022