Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan persiapan personel pengamanan dan peralatan sudah tergelar dengan baik untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berjalan aman dan lancar.

“Semuanya tergelar dengan baik,” kata Sigit dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Sigit kembali melakukan peninjauan langsung terhadap kesiapan personel pengamanan KTT G20 agar berjalan dengan aman dan lancar.

“Baru saja kita meninjau salah satu titik posko yang disiapkan di dekat Apurva untuk mengecek kesiapan peralatan dan anggota yang ada,” kata Sigit.

Dalam peninjauan, Kapolri memastikan seluruh peralatan yang digunakan untuk menghadapi situasi terkait dengan bencana, mulai dari peralatan SAR di laut, darat, dan udara maupun potensi ancaman bom dapat dioperasionalkan.

“Tadi kita cek satu-satu, peralatan kita sudah siap, baik mulai dari alat pendeteksi, alat untuk melaksanakan evakuasi, dan alat untuk penghancuran (bom) atau explosive,” ujar Kapolri.

Baca juga: Kapolri: Kehormatan bagi Polri melaksanakan pengamanan KTT G20
Baca juga: TNI-Polri gelar gladi pengamanan VVIP di KTT G20


Personel pengamanan yang disiagakan, kata Sigit, telah siap menghadapi kondisi kerusuhan.

Oleh karena itu, mantan Kapolda Banten ini meminta personel terus menerus berlatih, baik menjalankan tugas pengamanan maupun mengoperasionalkan peralatan.

“Agar pada saatnya dalam waktu cepat mereka semua bisa bergerak dan melakukan tugas-tugas sesuai dengan apa yang menjadi tantangan dan ancaman tugas,” ucap Sigit.

Di samping itu, Kapolri menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah mobil yang dilengkapi dengan alat pendeteksi benda-benda berbahaya dan menyiapkan mobil escape.

Sigit memastikan seluruh rute yang akan dilewati delegasi dan tamu VVIP KTT G20 terpantau dan diisi dengan personel di sejumlah titik.

“Saya kira ini menjadi satu optimisme bahwa pengamanan rangkaian pelaksanaan KTT G20 yang akan dilaksanakan TNI-Polri semuanya dalam posisi siap melaksanakan tugas,” kata Sigit.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022