Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan kesenian Gendang Beleq akan ditampilkan untuk memeriahkan final race Wolrd Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit pada Minggu, 13 November 2022.

"Final race WSBK Mandalika 2022 nantinya dibuka dengan atraksi kesenian Gendang Beleq dan beberapa tarian tradisional dari Nusa Tenggara Barat (NTB)," kata Direktur MGPA, Priandhi dalam keterangan tertulisnya di Praya, Sabtu.

Penampilan tarian Gendang Beleq yang merupakan kesenian masyarakat Sasak ini nantinya live di seluruh dunia saat final race WSBK Mandalika 2022. Tarian Gendang Beleq akan ditampilkan sebelum lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Pebalap Indonesia Veda Ega Pratama juara IATC di Sirkuit Mandalika

"Konsep seremonial final race WSBK Mandalika 2022 telah disetujui oleh Dorna Sport selaku penyelenggara balapan WSBK Mandalika 2022," katanya.

Dorna sport menyambut baik kegiatan tersebut, karena konsep ini merupakan hal yang baru dan sesuatu yang belum pernah ada di penyelenggaraan balapan WSBK sebelumnya. Mereka sangat tertarik untuk menampilkan atraksi tarian Gendang Beleq ini secara langsung ke seluruh dunia.

Dalam hal ini MGPA bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB, khususnya dengan Dinas Pariwisata Pemerintah provinsi setempat.

"Jadi, itu semua dibantu oleh Pemprov untuk bisa menampilkan, mana yang terpilih tentu saja yang terbaik dari semua kelompok ataupun grup yang ada di NTB," katanya.

Dalam balapan di race pertama di Sirkuit Mandalika yang digelar Sabtu (12/11), Toprak Razgatlioglu menjadi juara pertama.

Berikut 10 pebalap teratas Race 1 WSBK Mandalika 2022 :

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

2. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati)

3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

4. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

5. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing – Ducati)

6. Xavi Vierge (Team HRC)

7. Garet Gerloff (GYTR GRT Yamaha)

8. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

9. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team)

10. Loris Baz (Bonava Action BMW)

Baca juga: Toprak Razgatlioglu menangi balapan ke-900 WSBK di Sirkuit Mandalika

Baca juga: Penonton hari kedua WSBK Mandalika baru 40 persen dari target

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022