Beijing (ANTARA) - Wahana antariksa kargo China Tianzhou-5, yang mengirimkan pasokan ke stasiun luar angkasa, berhasil menyelesaikan pengaturan statusnya dan melakukan operasi penambatan (docking) dengan kombinasi stasiun luar angkasa milik negara itu pada Sabtu (12/11), menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Pada pukul 12.10 Waktu Beijing (11.10 WIB), Tianzhou-5 melakukan operasi pertemuan (rendezvous) dan penambatan otomatis cepat di porta penambatan di bagian belakang Tianhe, modul inti stasiun luar angkasa tersebut, kata CMSA.

Ini menjadi kali pertama bagi para astronaut China untuk menyaksikan kedatangan sebuah wahana kargo di stasiun luar angkasa negara itu.

Misi ini berhasil melakukan operasi pertemuan dan penambatan otomatis cepat dalam waktu sekitar dua jam.

Pencapaian itu menjadi signifikansi penting dalam meningkatkan level operasi pertemuan dan penambatan ruang angkasa China, maupun untuk memperkuat kapasitas pasokan darurat stasiun luar angkasa.

Roket Long March-7 Y6, yang membawa Tianzhou-5, lepas landas pada pukul 10.03 Waktu Beijing (09.03 WIB) dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di Hainan, sebuah provinsi berbentuk pulau di China selatan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022