Lombok Tengah (ANTARA) - Pebalap Pata Yamaha with Brixx, Toprak Razgatlioglu tidak terbendung setelah finis tercepat dalam Superpole Race World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu.

Pebalap asal Turki itu memulai balapan dari pole position dan berhasil mempertahankan posisinya hingga finis dalam balapan yang berlangsung 10 lap tersebut. Dia juga memecahkan rekor lap dengan catatan waktu 1 menit 32,163 detik.

Pebalap Kawasaki, Jonathan Rea sempat memberikan pertarungan dan berhasil menyalip Toprak di lap 2. Namun, dia bisa merebut kembali posisinya dari Rea di lap lima setelah kedua pebalap itu beberapa kali saling menyalip.

Rea akhirnya harus puas meraih posisi runner-up dalam sesi balapan kali ini, dengan hanya terpaut 0,586 detik dari Toprak.

Baca juga: Toprak Razgatlioglu menangi balapan ke-900 WSBK di Sirkuit Mandalika
Baca juga: Mencoba "pit walk" di Motul WSBK Mandalika 2022


Sementara itu, rekan setim Toprak, Andrea Locatelli berhasil finis posisi 3 setelah dia dapat menahan kandidat juara dunia, Alvaro Bautista di peringkat 4.

Alvaro Bautista gagal naik podium karena kesulitan menaklukkan Locatelli. Bautista sempat menyalip pebalap asal Italia itu di lap kelima, tetapi dia kembali disalip Locatelli di putaran selanjutnya.

Kemenangan ini tidak mengubah posisi Toprak di klasemen pebalap, dia tetap menempati posisi dua setelah meraih 12 poin. Sedangkan Bautista masih memuncaki klasemen dengan perolehan 533 angka.

Bautista harus naik podium di balapan (Race) 2 bila ingin mengunci gelar juara dunia WSBK 2022 di Mandalika.

Toprak, Rea dan Locatelli berhak mengisi tiga baris depan di Race 2 setelah ketiganya naik podium di sesi Superpole Race.

Baca juga: Tak pikirkan gelar juara, Toprak lebih fokus untuk juara di Mandalika
Baca juga: WSBK Mandalika 2022 dijadikan Motul Indonesia ajang ekspansi


Berikut hasil dari Superpole Race WSBK Mandalika 2022:

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

2. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

3. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

4. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati)

5. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

6. Scott Redding (BMW Motorrad WorldSBK Team)

7. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

8. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing – Ducati)

9. Xavi Vierge (Team HRC)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022