Jakarta (ANTARA) - Prawira Harum bandung berhasil merebut peringkat ketiga IBL Indonesia Cup 2022 seusai mengalahkan Dewa United Surabaya dalam laga yang berlangsung di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Prawira berjuang keras di detik-detik terakhir pertandingan untuk mengalahkan Dewa United dengan skor tipis 71-69.

Mengutip laman IBL, pelatih kepala David Singleton membuat sedikit perubahan dari sisi starter Prawira. Bryan Adha Elang Praditya yang biasanya mengisi posisi center digantikan oleh Pandu Wiguna.

Sementara, empat pemain lainnya masih sama, yaitu Yudha Saputera, M. Alan As'adi, M. Reza Fahdani Guntara, dan kapten tim Abraham Damar Grahita. Skuad ini tampaknya hasil evaluasi dari starter di partai semifinal kemarin.

Dari tim Dewa United, pelatih kepala Maximiliano Seigorman juga melakukan rotasi. Ferdian Purwoko kembali ke posisi starter, setelah dalam beberapa laga sebelumnya diisi oleh Jason Kurniawan.

Kemudian, Katon Adjie Baskoro juga masuk starter di laga kali ini. Tiga pemain lainnya adalah Kaleb Ramot Gemilang sekaligus sebagai kapten tim, Xaverius Prawiro, dan Jamarr Andre Johnson.

Prawira berhasil unggul dengan margin cukup lebar karena banyaknya tembakan tiga angka yang dicetak di kuarter pertama. Ada empat three point yang dimasukkan. Sementara Abraham juga sekali membuat three point play. Sebaliknya, Dewa United yang awalnya rajin mencetak poin di awal laga, justru mengalami kebuntuan di lima menit terakhir.

Mereka hanya bisa menurunkan margin hingga 9 angka (15-24) di sisa 22 detik, melalui free throw Jamarr Andre Johnson.

Memasuki kuarter kedua, Dewa United mulai menemukan ritme permainan mereka. Produktifitas poin meningkat dan mereka bisa mendekati skor Prawira. Saat turun minum jarak kedua tim hanya dua angka saja. Prawira unggul dengan skor 38-36.

Karena hanya terpaut dua angka saja, maka dengan tembakan three point Jamarr Andre Johnson saja, Dewa United sudah mengambil alih keunggulan. Namun keunggulan tersebut gagal dipertahankan oleh Dewa United. Sehingga di akhir kuarter ketiga, Prawira yang unggul dengan skor 61-58.

Kuarter empat berjalan alot ketika Dewa United berhasil menyamakan angka. Prawira kemudian berhasil unggul tetapi disusuk kembali oleh "Anak Dewa." Kedudukan 69-69 terjadi pada sisa waktu empat detik.

Prawira kemudian berhasil keluar dari tekanan lewat lemparan bebas Pandu. Dewa United yang meminta time-out mengatur strategi untuk mengalahkan Prawira. Xaverius coba lakukan tembakan tiga angka pada kesempatan terakhir tapi tak mampu menemui sasaran.

Kedudukan berakhir 71-69 untuk Prawira saat peluit tanda pertandingan usai berbunyi.

Prawira Harum Bandung berhasil merebut peringkat ketiga IBL Indonesia Cup 2022, sementara Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Satria Muda Pertamina Jakarta memperebutkan gelar di final IBL Indonesia Cup 2022.


Baca juga: Satria Muda kandaskan Dewa United untuk menuju final IBL Indonesia Cup
Baca juga: Pelita Jaya melaju ke final IBL Indonesia Cup 2022 usai tekuk Prawira
Baca juga: Prawira melaju ke semifinal Indonesia Cup usai sisihkan Bima Perkasa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022