Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persis Solo Rasiman menyampaikan sejumlah evaluasi terhadap hasil uji tanding melawan Johor Darul Ta’zim Football Club (JDTFC) dalam lanjutan agenda training camp (TC) di Malaysia.

Laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Sultan Ibrahim, Johor, Sabtu (12/11), Persis menahan imbang 1-1 klub asal Negeri Jiran itu.

Dalam laman Persis, Rasiman menyebutkan para pemain Laskar Sambernyawa telah menunjukkan perjuangan penuh di lapangan sehingga menahan imbang lawan di kandangnya.

Menurut dia, hasil itu merupakan hasil latihan rutin yang tetap dilakukan para pemain Persis selama jeda kompetisi karena Tragedi Kanjuruhan.

"Semua pemain mengorbankan diri ketika banyak tim lain yang memutuskan untuk istirahat dari latihan, sedangkan kita mencoba tetap stay on the track," kata Rasiman.

"Pengorbanan kita semua bisa ditunjukkan melalui pertandingan hari ini. Kita bermain di Johor, kita bermain away dan permainan bisa melakukan taktik dengan baik," tambah Rasiman.

Baca juga: Pelatih Persib buka peluang latihan bersama tim Liga 1

Kepercayaan diri pemain dalam laga itu juga menjadi catatan penting Rasiman mengingat selama paruh kedua, pemain dapat mendapatkan peluang jauh lebih banyak dari JDTFC.

"Confidence pemain menjadi sangat penting, mungkin juga karena faktor kita bermain di Johor dan mereka melihat situasi pertandingan. Hasilnya seri 1-1 tapi in term of playing at second half kita bisa menunjukkannya jauh lebih baik," kata dia.

Rasiman juga mengapresiasi performa Riyandi dan Fernando karena menunjukkan dengan baik perannya masing-masing.

"Tentunya dia (Riyandi) dapat terus berkembang dan menjadi big player dengan learning from mistakes. Lalu kita juga bisa melihat Fernando dapat selalu mencetak gol pada tiga pertandingan terakhir," kata dia.

"Orang mungkin menilai dia bukan pemain yang melewati lawan, tapi kita bisa melihat dia sebagai value asset for Persis. Secara tactical understanding dia sangat baik, melakukan pressing dengan baik sebagai penyerang," pungkas Rasiman.

Persis memboyong 26 pemain untuk (TC) dan laga persahabatan di Malaysia bersama klub Johor Darul Ta'zim pada 9-18 November 2022.

Baca juga: Pelatih Dewa United evaluasi hasil dua laga uji coba

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022