Jakarta (ANTARA) -
Tim bola voli putra Indomaret Sidoarjo menjuarai Livoli Divisi Utama 2022 setelah mengalahkan STIN Pasundan Bandung dengan skor 3-2 (25-18, 16-25, 25-23, 21-25, 16-14) pada laga final yang berlangsung di GOR Ki Mageti, Magetan, Jawa Timur, Minggu.

Laga puncak menyuguhkan persaingan ketat. Bahkan pertandingan harus berjalan lima set untuk menentukan pemenang. Indomaret unggul lebih dulu pada set pertama. Kemudian Pasundan membalas di set kedua.

Set ketiga Indomaret unggul 25-23 dan set berikutnya giliran STIN Pasundan menyamakan kedudukan setelah mengemas 25-21. Hingga akhirnya, pertandingan berlanjut ke set kelima dan Indomaret memastikan kemenangan 16-14.

Pelatih Indomaret Iwan Dedi Setiawan mengatakan kemenangan tim asuhannya memang lebih banyak disebabkan karena faktor keberuntungan. Selain itu, tim asal Sidoarjo itu, sukses dalam melakukan rotasi pemainnya dalam pertarungan lima set tersebut.

"Tiap kami melakukan pergantian pemain dan yang masuk selalu sukses dan poin," ujar pelatih yang akrab disapa Giso itu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu malam.

Sementara itu, Anwar Sadat, pelatih STIN Pasundan mengakui kalau tim asuhannya itu mendapat tekanan pada set kedua dan ketiga, terutama dari servis. "Sementara pengembalian bola kami kurang bagus," kata Sadat.

Meski begitu, dia tidak kecewa dengan hasil yang didapat Farhan Halim dan kawan-kawan. "Saya tidak kecewa karena anak-anak Pasundan sudah berjuang dan bermain bagus. Kita hanya kalah di finishing," kata Sadat.

Selain itu, Sadat mengungkapkan, kalau laga yang disaksikan sekitar 5.000 penonton itu berjalan imbang. "Kami hanya kalah beruntung saja," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Bank Jatim raih gelar keempat beruntun di Livoli Divisi Utama 2022

Gelar juara yang diraih Indomaret merupakan kali kedua di Livoli Divisi Utama. Sebelumnya, Indomaret pernah meraih prestasi serupa pada edisi 2008. "Kami pernah final 2018 di Magetan dan kami kalah dari Samator," ujar MenJwr Indomaret Sutono.

Selain mendapatkan piala, Indomaret juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp50 juta. Sedangkan STIN Pasundan mendapat Rp30 juta.

BIN Samator berada di tempat ketiga setelah mengalahkan juara bertahan Berlian Bank Jateng 3-0 (25-21, 25-20, 25-22) pada hari yang sama. Dengan hasil ini, mereka memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp25 juta dan Berlian dengan Rp20 juta.

Selain mendapatkan gelar juara, Indomaret juga mendapatkan gelar pemain masa depan atas nama Pratama Alfin Daniel, dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp5 juta.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Imam Sudjarwo yang menutup Livoli Divisi Utama 2022 ini mengatakan pelaksanaan liga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Adanya sponsor dari Emtek Grup menjadikan event yang berlangsung sejak 11 Oktober 2022 lalu di tiga kota itu makin meriah.

"Saya melihat perkembangan bola voli ini banyak perkembangan. Banyak atlet muda-muda. Ini membuktikan bola voli kita tetap akan menjadi nomor satu di Asia Tenggara," kata Imam.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022