Jakarta (ANTARA) - Aston Villa melanjutkan awal bagusnya di bawah kepelatihan Unai Emery dengan bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 di kandang Brighton pada Minggu.

Danny Ings menciptakan dua gol Villa yang membuat mereka membukukan kemenangan tandang pertamanya dalam Liga Premier musim ini.

Ini kemenangan kedua Villa sejak ditangani pelatih Unai Emery yang menggantikan Steven Gerrard yang dipecat karena awal buruknya musim ini.

Sebelum dua gol Ings itu, tuan rumah Brighton unggul lebih dulu pada menit pertama babak pertama.

Gol ini tercipta berkat kesigapan gelandang Alexis Mac Allister yang mencegat umpan kiper Villa Emiliano Martinez yang berusaha diberikan kepada Douglas Luiz di luar kotak penalti.

Mac Allister kemudian memasukkan bola ke gawang Villa untuk menjadi gol tercepat Brighton paling cepat selama berkiprah di Liga Inggris.

Baca juga: Gol tunggal Joe Willock antarkan Newcastle benamkan Chelsea

Sembilan belas menit kemudian Ings menyamakan kedudukan dari penalti setelah Lewis Dunk menjegal John McGinn. Bola tendangan penalti Ings tak bisa diselamatkan oleh kiper Robert Sanchez.

Sang striker lalu membuat Villa unggul berbalik unggul pada menit ke-54 setelah Douglas Luiz giliran mencegat bola yang diarahkan kepada Mac Allister di luar kotak penalti Brigton.

Luiz lalu memberikan bola kepada Ings yang sukses diubah menjadi gol penentu kemenangan Villa.

Brighton mendominasi periode akhir pertandingan ini namun sayang kerap menyia-nyiakan peluang. Mereka bahkan berpeluang menyamakan kedudukan namun pelanggaran Lucas Digne terhadap Solly March di kotak penalti Villa dinggap wasit sebagai bukan pelanggaran.

Kemenangan ini membuat Villa naik ke urutan ke-12 klasemen Liga Inggris dengan mengemas total 18 poin dari 15 pertandingan yang sudah diselesaikannya.

Tuan rumah Brighton sendiri menempati urutan ketujuh dengan bekal 21 poin yang didapatkan dari 14 pertandingan sejauh ini, demikian ESPN.

Baca juga: Liverpool lanjutkan tren positif usai kalahkan Southampton
Baca juga: Hasil Liga Inggris: Tottenham balikkan keadaan untuk tekuk Leeds 4-3

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022